RSHS Sudah Tetapkan Tanggal Operasi Plastik Arya Permana

Oleh Arie Nugraha pada 17 Jul 2019, 14:00 WIB
Pasien yang dulu obesitas Arya Permana asal Karawang bakal menjalani operasi bedah plastik untuk mengurangi kulit menggelambir di beberapa bagian tubuhnya. (Foto: Liputan6.com/Arie Nugraha)

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat memastikan akan melakukan operasi bedah plastik terhadap pasien yang dulu obesitas asal Karawang, Arya Permana. Rencananya pada 24 Juli 2019 operasi untuk mengikis kelebihan kulit di daerah dada, lengan, tangan dan kaki dilakukan.

Menurut tim dokter spesialis anak nutrisi dan metabolik RSHS, Tisnasari Hafsah, jelang operasi bedah plastik Arya Permana bakal menjalani pemeriksaan fisik, kejiwaan dan rekam medis. Selain itu, kata Tisnasari, Arya juga harus terus menjaga pola makan.

"Ya tentu jangan memakan makanan yang membuat masalah ya. Seperti misalnya bikin sakit perut seperti itu, nanti diare. Tentu jadi mengganggu persiapan operasinya. Makanan yang pastinya harus yang bergizi, supaya kondisi fisiknya optimal. Jadi cukup kalori, cukup protein ya," kata Tisnasari di ruang poliklinik anak RSHS, Bandung, Rabu, (17/72019).

 

2 of 3

RSHS Siapkan Pakaian Khusus

Pasien yang dulu obesitas Arya Permana asal Karawang bakal menjalani operasi bedah plastik untuk mengurangi kulit menggelambir di beberapa bagian tubuhnya. (Foto: Liputan6.com/Arie Nugraha)
Pasien yang dulu obesitas Arya Permana asal Karawang bakal menjalani operasi bedah plastik untuk mengurangi kulit menggelambir di beberapa bagian tubuhnya. (Foto: Liputan6.com/Ari Nugraha)

Tisnasari menambahkan selain itu, RSHS juga tengah merancang baju yang hendak dikenakan oleh Arya Permana usai operasi bedah plastik. Baju itu sebut Tisnasari, guna menunjang percepatan proses penyembuhan di bekas daerah kulit yang menggelambir.

Secara keseluruhan kesehatan pasien Arya Permana saat ini dalam kondisi baik. Selama program penurunan berat badan yang dilakukan oleh tim dokter gizi anak RSHS, Arya berhasil menurunkan bobotnya dari 190 kilogram menjadi 87 kilogram.

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by