Sukses

V BTS Derita Cholinergic Urticaria, Berbahayakah?

Salah satu member boyband asal Korea V BTS menyatakan dirinya mengalami cholinergic urticaria. Penyakit gatal-gatal seperti apakah ini?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu Kim Taehyung atau V BTS mengumumkan dirinya menderita cholinergic urticaria atau urtikaria kolinergik. Hal ini membuat ARMY (sebutan para penggemar boyband asal Korea ini) pun khawatir. Memang seberapa bahayakah kondisi itu?

Orang dengan cholinergic urticaria seperti yang dialami V BTS akan merasakan gatal-gatal hingga kulit memerah. Melansir Web MD, Selasa (16/7/2019) gatal-gatal ini akan dirasakan ketika:

1. Mandi air panas atau mandi

2. Berolahraga sampai berkeringat

3. Berada di iklim panas

4. Perban yang terlalu kencang dan lengket

5. Ketika gugup lalu berkeringat

6. Dalam beberapa kasus, seseorang akan gatal ketika bereaksi terhadap antibodi dalam keringat mereka sendiri yang disebut immunoglobulin (IgG).

Seseorang dapat dengan mudah terkena kondisi ini apabila memiliki eksim, asma, alergi, atau gatal karena makanan tertentu atau cuaca dingin. Baik pria dan wanita bisa terkena penyakit gatal-gatal ini.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenali Gejalanya

Cholinergic urticaria dapat dikenali apabila terdapat ruam gatal, geli, dan sedikit panas pada bagian tersebut. Mereka biasanya berupa benjolan merah kecil atau berbentuk lingkaran.

Benjolan ini bisa muncul di mana saja pada tubuh, tetapi kebanyakan muncul di dada, wajah, punggung atas, dan lengan. Kulit juga terlihat bengkak dan berbercak-bercak merah, bahkan penderita ini akan terlihat memerah.

Gatal gatal ini akan tiba-tiba muncul dan bertahan sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum mereda. Gejala atas juga mungkin disertai diare, air liur berlebih, sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung yang cepat, sesak napas, keram perut, mendesah.

Pengobatan dan Pencegahan

Penderita penyakit ini disarankan untuk menjauh dari panas, terutama yang tinggal di daerah panas atau suka berolahraga karena dengan berkeringat dapat memicu penyakit ini. Bagi pecinta olahraga disarankan juga untuk berhenti atau memperlambat latihan dan gantikan olahraga diluar ruangan.

Anda bisa mencegah gatal dengan mendinginkan kulit dengan mandi air dingin atau berdiri depan kipas angin, menggunakan pakaian longgar, jaga rumah tetap dingin, dan hindari situasi yang membuat stres jika stres menjadi penyebab gatal.

Dokter juga dapat meresepkan antihistamin sebagai obat alergi untuk mengendalikan efek penyakit ini, namun apabila tidak berfungsi, dokter mungkin akan merekomendasikan steroid untuk waktu yang singkat.

Jika penderita memiliki reaksi serius seperti sesak napas ketika sedang gatal, dokter mungkin kana meresepkan suntikan epinefrin untuk membantu pernapasan dan menyingkirkan gatal serta pembengkakan.

 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.