Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah, Ini Manfaatnya

Oleh Liputan6.com pada 15 Jul 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 16 Jul 2019, 20:14 WIB
Hari Pertama Masuk Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Hari pertama sekolah anak adalah salah satu hari bersejarah untuk keluarga. Tak heran di hari ini banyak orangtua yang mengunggah momen mengantar buah hati ke sekolah. Seperti Nycta Gina dan Rizky Kinos yang mengantar Uta, Ryan D'Masiv yang mengantarkan putrinya ke sekolah dan masih banyak lagi. 

Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini, dokter Andyda Meliala, mengatakan bahwa penting untuk orangtua mengantar anak di hari pertama sekolah.

"Memasuki lingkungan baru anak butuh pegangan. Anak perlu merasa aman bersama dengan orang yang memiliki ikatan batin dengan dia, jadi dalam lingkungan baru dia tidak terlalu terkejut", jelas Andyda.

Lalu, seberapa lama anak harus diantar ke sekolah? Andyda mengatakan bahwa itu tergantung dari masing-masing anak. Ada anak yang pemalu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dilepas mandiri, untuk anak yang sudah matang secara sosial sudah bisa langsung ditinggal.

"Bagi anak-anak yang pemalu, karena itu adalah faktor genetik jadi lebih sulit. Mereka perlu bantuan langkah demi langkah untuk beradaptasi", jelas Andyda.

 

Hari Pertama Masuk Sekolah
Sejumlah murid bersiap mengikuti upacara bendera pada hari pertama sekolah di SDN Pisangan 02, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (15/7/2019). Senin, 15 Juli 2019 merupakan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2019/2020 usai libur panjang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketergantungan anak tidak akan terjadi jika orangtua mengatasinya dengan benar. Jadi, perhatikan tiap individu anak, sebanyak apa yang mereka butuhkan.

Andyda juga mengatakan bahwa masing-masing anak punya waktu sendiri kapan bisa beradaptasi. Orangtua harus secara pelan-pelan menyesuaikan dengan perkembangan anak dalam beradaptasi di sekolah atau lingkungan yang baru.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓