Sukses

Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah, Ini Manfaatnya

Hari ini banyak orangtua yang mengunggah momen ketika mengantar anak di hari pertama masuk sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Hari pertama sekolah anak adalah salah satu hari bersejarah untuk keluarga. Tak heran di hari ini banyak orangtua yang mengunggah momen mengantar buah hati ke sekolah. Seperti Nycta Gina dan Rizky Kinos yang mengantar Uta, Ryan D'Masiv yang mengantarkan putrinya ke sekolah dan masih banyak lagi. 

Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini, dokter Andyda Meliala, mengatakan bahwa penting untuk orangtua mengantar anak di hari pertama sekolah.

"Memasuki lingkungan baru anak butuh pegangan. Anak perlu merasa aman bersama dengan orang yang memiliki ikatan batin dengan dia, jadi dalam lingkungan baru dia tidak terlalu terkejut", jelas Andyda.

Lalu, seberapa lama anak harus diantar ke sekolah? Andyda mengatakan bahwa itu tergantung dari masing-masing anak. Ada anak yang pemalu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dilepas mandiri, untuk anak yang sudah matang secara sosial sudah bisa langsung ditinggal.

"Bagi anak-anak yang pemalu, karena itu adalah faktor genetik jadi lebih sulit. Mereka perlu bantuan langkah demi langkah untuk beradaptasi", jelas Andyda.

 

Ketergantungan anak tidak akan terjadi jika orangtua mengatasinya dengan benar. Jadi, perhatikan tiap individu anak, sebanyak apa yang mereka butuhkan.

Andyda juga mengatakan bahwa masing-masing anak punya waktu sendiri kapan bisa beradaptasi. Orangtua harus secara pelan-pelan menyesuaikan dengan perkembangan anak dalam beradaptasi di sekolah atau lingkungan yang baru.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.