Sukses

Sampai Batas Mana Anak Harus Diberi Suplemen Probiotik untuk Kesehatan Sistem Pencernaannya?

Sebaiknya tidak langsung memebrikan anak suplemen seperti itu untuk kesehatan sistem pencernaannya

 

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak sangat disarankan mengonsumsi makanan yang kaya probiotik agar sistem pencernaannya selalu sehat.

Kesehatan pencernaan anak sangat penting untuk selalu dijaga. Sebab, saat sistem pencernaan si Kecil bermasalah, proses pertumbuhannya bisa terhambat.

Probiotik ini merupakan bakteri 'ramah' yang ditemukan secara alami di dalam tubuh, serta dalam makanan dan suplemen tertentu.

Usus manusia adalah tempat sebagian besar bakteri ini berada. Koloni mikroorganisme ini memainkan peran penting dalam pencernaan, mengekstraksi nutrisi dari makanan, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Apakah anak selalu sakit? Diet dan mikrobioma usus mungkin menjadi alasannya. Kathleen Alleaume, seorang ahli gizi, menerangkan bagaimana memenuhi kebutuhan probiotik [anak](/3997840 "") seperti dikutip dari situs Kidspot pada Selasa, 9 Juli 2019.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan untuk Anak

 

Anak-anak bisa mendapatkan probiotik utama dari makanan dan minuman yang sehari-hari dikonsumsinya. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk anak dengan probiotik tinggi antara lain tahu, tempe dan yogurt.

Bisa juga memberikannya sup miso, kimchi, kefir atau keju. Akan sangat baik jika anak dibiasakan mengonsumsi makanan ini secara rutin. Ada juga makanan prebiotik, jenis serat makanan yang tidak dapat dicerna yang memberi makan bakteri bermanfaat.

Prebiotik ditemukan dalam jenis spesifik makanan nabati berserat tinggi seperti gandum, kacang-kacangan, sayuran dan beberapa buah seperti semangka dan pisang.

 

3 dari 4 halaman

Suplemen probiotik dibutuhkan jika...

 

Memastikan diet seimbang yang kaya akan makanan kaya probiotik dan prebiotik akan mendorong pertumbuhan bakteri yang sehat dan beragam. Tentu akan sangat baik jika terdapat lebih banyak bakteri baik dibandingkan bakteri jahat, bukan?

Kini banyak produk suplemen probiotik untuk anak yang dijual di pasaran. Suplemen tersebut baik yang berbentuk kapsul, tablet, bubuk dan ekstrak cair dimaksudkan untuk meniru bakteri "baik" dan menyehatkan usus.

"Untuk penggunaannya pada anak, lebih disarankan untuk mendapat asupan probiotik dari sumber makanan. Jika pun ingin memberikannya suplemen, hanya sebagai tambahan saja dan bukan yang utama," ungkap Alleaume.

 

4 dari 4 halaman

Lebih Baik Jika

 

Daripada memberikannya suplemen, lebih baik menyediakannya yogurt, bukan? Apabila merasa pencernaan anak bermasalah, lebih baik konsultasi dulu dengan dokter. Nantinya dokter bisa merekomendasikan suplemen probiotik yang tepat untuk si kecil.

Biasanya dokter akan memberikan suplemen jika anak mengalami masalah pencernaan, seperti diare berhari-hari. Suplemen tambahan ini untuk meningkatkan level bakteri baik dalam pencernaan.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.