Sukses

Anak Bosan Sekolah, Kenapa Ya?

Anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata bisa saja merasakan bosan bersekolah karena ia merasa kurang tertantang.

Liputan6.com, Jakarta Apa anak pernah menyampaikan bahwa ia bosan bersekolah? Bila iya, menurut pakar ada beberapa yang mungkin jadi penyebabnya. 

Pemerhati pendidikan anak usia dini, dr Andyda Meliala menjelaskan rasa bosan anak untuk sekolah bisa terjadi pada anak tapi mungkin hanya bersifat sementara. Selain itu, rasa bosan juga bisa muncul karena anak merasa kurang mendapat tantangan saat di sekolah.

Andyda mengatakan bahwa ada anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata yang merasa kurang tertantang atau minim stimulasi sesuai kemampuannya saat sekolah. Hal itu yang bisa membuatnya merasa bosan bersekolah. 

"Kalau anak-anak yang cerdas kurang stimulasi, orangtua bisa bicara dengan guru apakah dia bisa memberi pengayaan, kalau guru tidak mau ya berarti harus cari sekolah lain," saran Andyda saat ditemui dalam diskusi Dukung Anak Semangat Sekolah SGM Eksplor beberapa waktu lalu di Jakarta ditulis Selasa (9/7/2019).

Orangtua juga dapat memberi pengayaan di rumah, seperti les untuk mendukung anak mendapat stimulasi yang sesuai dengan kemampuan anak. 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.