Sukses

80 Persen Anak Indonesia Kekurangan Asupan Omega-3

Padahal, omega-3 berperan dalam dalam menunjang jaringan saraf dan mata, dan membantu proses pembekuan darah.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan penelitian yang diterbitkan British Journal of Nutrition pada 2016 melaporkan bahwa 8 dari 10 anak Indonesia kekurangan asupan asam lemak esensial seperti omega-3 (EPA dan DHA).

Padahal kehadiran lemak dan omega-3 berperan penting bagi tubuh. Dua elemen ini berfungsi sebagai komponen di dalam otak yang menunjang jaringan saraf dan mata, dan membantu proses pembekuan darah. Hal ini disampaikan dokter spesialis gizi klinis Nurul Ratna Mutu Manikam.

Apabila anak mengalami defisiensi omega-3 maka akan terjadi abnormalitas fungsi mata, saraf, dan otak serta menyebabkan proses pertumbuhan melambat.

"Jadi tumbuh tingginya lambat, kognitifnya juga tidak terlalu berkembang," kata Nurul dalam diskusi Dukung Anak Semangat Sekolah SGM Eksplor di Jakarta beberapa waktu lalu ditulis Selasa (9/7/2019).

Berdasarkan angka kecukupan gizi Indonesia pada 2014, untuk angka usia 4 hingga 6 tahun membutuhkan asupan omega 3 sebesar 0,9 gram/hari.

Sebenarnya, ada banyak Sumber asupan omega-3 dapat ditemukan pada sarden, makarel, tuna, salmon, tiram, udang, kepiting, kuning telur, telur terfortifikasi DHA dan susu terfortifikasi DHA.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Omega-3

Selain yang disebutkan Nurul di atas, berikut manfaat omega-3, seperti dilansir Healthline:

1. Risiko terkena depresi menurun

Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi omega-3 secara teratur lebih kecil kemungkinan mengalami depresi. Bahkan orang depresi dan cemas yang mengonsumsi omega-3 menjadi lebih baik. Kandungan omega-3 (ALA, EPA, dan DHA) tampaknya mampu memerangi depresi.

2. Meningkatkan kesehatan mata

DHA merupakan komponen struktural utama retina mata yang dapat mencegah degenerasi makula. Ketika Anda memiliki defisiensi omega-3, bisa memiliki mengalami masalah penglihatan.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Saat hamil, ibu juga perlu mengonsumsi omega-3. Nutrisi ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. 

 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.