Sukses

Beda Penyebab Jerawat Tumbuh di Bokong dan Wajah

Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bokong atau dikenal dengan sebutan butne.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat bisa tumbuh di mana saja. Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bokong atau dikenal dengan sebutan butne. Ternyata, penyebab jerawat bokong dan wajah itu berbeda.

Menurut dokter kulit Gabriel Serrano ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di bokong. Biasanya orang yang sering berolahraga yang mengalami jerawat di bokong

"Berkeringat di pakaian Anda membuat bakteri dan keringat bersentuhan dengan kulit Anda, memungkinkannya menembus pori-pori yang menyebabkan iritasi yang kemudian jadi jerawat," katanya seperti mengutip Yahoo Style UK. 

Selain itu, kata Serrano, pakaian ketat dari bahan lycra atau poliester yang tidak bisa bernapas juga bisa menyebabkan keringat dan bakteri terperangkapnya di kulit, sehingga tumbuhlah jerawat.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab jerawat wajah

Sementara, penyebab jerawat pada wajah, punggung, dan dada dan sering disebabkan alasan hormon, atau hanya karena faktor genetika. Jerawat ini disebabkan sebum, zat berminyak yang terperangkap di pori-pori.

"Namun, jerawat di bagian bawah Anda kemungkinan disebabkan oleh folliculitis, suatu kondisi yang terjadi ketika bakteri dan sel-sel kulit mati masuk ke folikel rambut Anda, menyebabkan peradangan," katanya seperti dilansir Yahoo.

Menurutnya, jerawat di bokong ini biasanya terlihat seperti benjolan merah kecil yang berkerumun di sekitar folikel. Bintik-bintik itu bisa terasa gatal dan kadang menyakitkan.

Namun, Serrano berpesan untuk tidak menekan atau memencet butne. Karena, ini dapat meningkatkan peradangan dan memperburuk kondisinya.

Untuk mencegah agar tak lagi muncul jerawat bokong, pastikan mengganti pakaian usai berolahraga atau berkeringat. Menjaga kebersihan area tersebut penting dalam mencegah kehadiran jerawat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.