Sukses

RS EMC Tangerang Edukasi Dokter Lewat Seminar Kanker

Selain memberikan pelayanan kepada pasien, RS EMC Tangerang juga mengadakan edukasi. Kali ini seputar penatalaksanaan kanker.

Liputan6.com, Jakarta Edukasi bagi para dokter soal onkologi mendorong Rumah Sakit EMC Tangerang (RS EMC Tangerang) mengadakan seminar bagi para dokter serta mahasiswa dan tenaga medis tentang penanganan kanker.

Bertajuk "Penatalaksanaan Kanker Secara Terpadu dalam Praktek Sehari-hari" ini adalah seminar terbesar yang pernah diadakan RS EMC Tangerang dengan jumlah peserta hampir 350 orang.

Direktur RS EMC Tangerang, Dr dr Felix Kasim M.Kes, mengatakan bahwa kanker saat ini merupakan salah satu penyakit dengan penderita terbanyak selain jantung. Sehingga, perawatan kanker juga tinggi.

"Perlu kerja sama antara rumah sakit dengan para dokter di lapangan, terutama tentang skrining dini. Karena semakin lanjut ketahuan diagnosis penyakitnya akan semakin sulit penanganannya dan biaya semakin mahal, " kata Felix pada Health Liputan6.com di Tangerang, Sabtu (6/7/2019).

Lewat edukasi kepada para dokter, masyarakat juga akan ikut teredukasi. Hal ini juga menyadarkan orang-orang bahwa kanker bukanlah penyakit yang bisa diremehkan.

"Merubah gaya hidup itulah yang kami inginkan. Misalnya merokok. Ini salah satu tantangan bagi pemerintah dan kami pihak rumah sakit, " ujar Felix.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Berbagi Pengetahuan

Direktur Utama PT Utama Pratama Medika, Jusup Halimi mengatakan kegiatan seminar ini merupakan kontribusi RS EMC Tangerang untuk meningkatkan pengetahuan dokter mengenai kanker dan penatalaksanaanya.

"Kami melihat sebagai rumah sakit selalu soal pelayanan, tapi kami merasa juga perlu berbagi pengetahuan dan informasi juga untuk para dokter, " kata Jusup ditemui dalam kesempatan yang sama.

Bukan hanya untuk berbagi informasi terkait kanker dan penatalaksanaannya, Jusup juga mengatakan seminar ini juga bertujuan memperkenalkan perubahan Rumah Sakit Usada Insani menjadi RS EMC Tangerang.

"Tentunya kami juga ingin terus meningkatkan mutu pelayanan dan selalu berpusat pada patient safety."

Ke depannya, baik RS EMC Tangerang maupun RS EMC Sentul memiliki rencana untuk secara berkala mengadakan seminar dengan topik yang beragam.

"Ini merupakan kontribusi konkret grup Rumah Sakit EMC kepada para dokter yang harus terus menerus belajar, kami jadi salah satu bagian dari itu, supaya kami bisa berkontribusi kepada dunia kedokteran supaya semakin maju. Di saat bersamaan, juga mendorong kami sebagai rumah sakit untuk menjadi lebih baik," pungkas Jusup. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini