Sukses

Perlukah Anak Diantar Orangtua di Hari Pertama Masuk Sekolah?

Hari pertama masuk sekolah adalah salah satu hari bersejarah tak hanya untuk anak, melainkan juga untuk keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Hari pertama masuk sekolah adalah salah satu hari bersejarah tak hanya untuk anak, melainkan juga untuk keluarga. Banyak orangtua yang mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah untuk melihat anaknya mulai menuntut ilmu secara formal.

Pemerhati pendidikan anak usia dini dr Andyda Meliala mengatakan, sangat penting untuk orangtua mengantar anaknya di hari pertama masuk sekolah.

"Memasuki lingkungan baru, anak butuh pegangan. Anak perlu merasa aman bersama dengan orang yang memiliki ikatan batin dengan dia, jadi dalam lingkungan baru dia tidak terlalu terkejut," jelas Andyda.

Lalu, seberapa lama anak harus diantar ke sekolah?

Andyda mengatakan bahwa itu tergantung dari masing-masing anak. Bagi anak yang pemalu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dilepas mandiri. Sementara untuk anak yang sudah matang secara sosial sudah bisa langsung ditinggal.

"Bagi anak-anak yang pemalu, karena itu adalah faktor genetik jadi lebih sulit. Mereka perlu bantuan langkah demi langkah untuk beradaptasi", jelas Andyda.

Ketergantungan anak akan kehadiran orangtua tidak akan terjadi jika ortu mengatasinya dengan benar. Sebaiknya perhatikan tiap individu anak, sebanyak yang mereka butuhkan.

Tiap anak memiliki timetable sendiri mengenai kapan mereka bisa beradaptasi. Orangtua harus secara perlahan menyesuaikan dengan perkembangan anak dalam beradaptasi di sekolah atau lingkungan baru.

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.