Sukses

Lansia Perlu 3 Vaksinasi agar Terlindungi dari Beberapa Penyakit Ini

Agar terlindungi dari penyakit, para individu lanjut usia (lansia) perlu diberi vaksin.

Liputan6.com, Jakarta Lansia atau invidu lanjut usia perlu diberi vaksin agar terlindungi dar beberapa penyakit. Tiga vaksinasi yang diperlukan lansia yakni vaksinasi influenza, pneumonia, dan herpes zoster.

Dokter spesialis penuaan (geriatri) Siti Setiati menyampaikan, vaksinasi untuk terlindungi lansia dari penyakit-penyakit di atas sangat penting.

"Biasanya (yang utama) vaksinasi buat lansia itu vaksinasi influenza, pneumonia, dan herpes zoster. Selain itu, vaksinasi hepatitis juga perlu," jelas Siti dalam acara konferensi pers 'Hari Lanjut Usia Nasional' di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Vaksinasi influenza ini sangat dibutuhkan lansia. Daya tahan tubuh lansia yang menurun seiring usia membuat mereka sulit sembuh dari flu.

"Kalau kita masih usia muda kan, flu sedikit beberapa hari juga bisa sembuh. Berbeda dengan lansia yang kena flu, lama sembuhnya," tambah Siti.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infeksi Paru dan Herpes Zoster

Vaksinasi pneumonia memang belum wajib tapi vaksinasi tersebut bertujuan mencegah lansia terkena infeksi paru. Bila lansia terinfeksi, bisa fatal.

"Vaksinasi pneumonia belum wajib. Tapi menghindari infeksi paru," lanjut Siti yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Sementara, vaksinasi herpes zoster diperlukan guna mencegah lansia terkena penyakit tersebut. Herpes zoster berupa kondisi tubuh kena cacar air yang disebabkan virus varisela. 

Penyakit ini mudah menyerang lansia karena sistem kekebalan tubuh menurun seiring usia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.