7 Buah dengan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Oleh Fitriana Monica Sari pada 14 Jul 2019, 13:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Makan

Liputan6.com, Jakarta Mengkonsumsi buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang peduli akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan. Padahal sangat banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah-buahan.

Apa saja? Simak ulasan mengenai manfaat yang terkandung dalam 7 buah-buahan berikut ini ya, baik untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari TunaiKita.

Manfaat Luar Biasa yang Dimiliki 7 Buah Ini, Apa Saja?

1. Nanas

 

Buah Nanas (iStock)
Ilustrasi buah nanas (iStockphoto)

Buah khas dari wilayah tropis yang memiliki rasa asam manis berikut ini ternyata memiliki banyak manfaat, lo! Nanas menjadi salah satu jenis buah yang tinggi akan nutrisi.

Satu cangkir (237ml) buah nanas mengandung sekitar 131 persen vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, suatu enzim yang dikenal dapat meringankan peradangan dan membantu penyerapan protein. Tak hanya itu, zat tersebut juga diklaim ampuh untuk melindungi tubuh dari risiko kanker dan tumor. 

Tidak hanya melindungi kekebalan tubuh, ternyata nanas juga bisa digunakan sebagai penyembuh luka dengan cepat. Hal ini dikarenakan vitamin C yang terkandung dalam nanas menciptakan kolagen yang merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ dan tulang. Selain enak, ternyata nanas juga sangat bermanfaat, kan?

2 of 7

2. Blueberry

Studi: Ekstrak Blueberry Bisa Obati Radang Gusi
Para peneliti mendapati bahwa ekstrak bluberry bisa mencegah timbulnya plak pada gigi dan mengobati penyakit gusi.

Sama seperti buah nanas, ternyata blueberry kaya juga akan vitamin C, lo! Dengan mengkonsumsi buah blueberry ini, Anda akan mendapatkan sederet manfaat yang beragam, yaitu sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker.

Vitamin C dalam buah blueberry juga bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah blueberry adalah sebagai pendukung kesehatan gusi. Bahkan, jika Anda mengkonsumsi sebanyak satu cangkir blueberry utuh dan segar sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen.

Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Sangat lengkap, bukan? 

3 of 7

3. Pisang

Ilustrasi Pisang
Ilustrasi pisang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Buah yang memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk tubuh adalah pisang. Buah yang sering kita jumpai baik di pasar tradisional maupun swalayan ini mengandung vitamin, mineral, dan potasium yang melimpah. Dalam satu buah pisang menyediakan sekitar 12 persen potasium yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, pisang tinggi akan karbohidrat, jika Anda mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu membuat perut kenyang lebih lama. 

Dalam buah pisang juga terkandung pektin yang berguna untuk meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan pencernaan.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat dan mineral yang ada dalam pisang dapat digunakan sebagai sumber energi ketika  berolahraga. 

4 of 7

4. Semangka

Manfaat semangka untuk kecantikan kulit
Berikut enam manfaat semangka untuk kecantikan kulit yang belum diketahui masyarakat luas. (Foto: iStockphoto)

Buah khas negara tropis yang satu ini, selain lezat disantap saat cuaca panas sebagai pelepas dahaga. Ternyata buah semangka punya segudang manfaat lainnya untuk tubuh, lo! Apa saja?

Nah, semangka diperkaya dengan vitamin A dan C yang melimpah. Kedua zat tersebut berperan penting untuk mencegah dan membunuh sel kanker yang menyerang tubuh.

Selain itu, semangka juga mengandung likopen dan cucurbitacin E, zat tersebut berhubungan langsung dengan penurunan risiko kanker pada sistem pencernaan dan menghambat pertumbuhan tumor. 

Mengkonsumsi makanan yang kaya likopen juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol jenuh dan mengontrol tekanan darah.

Semangka juga mengandung air yang melimpah, yakni sekitar 92 persen per buah, yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk meminimalisir dehidrasi dan membuat perut kenyang lebih lama.  

5 of 7

5. Apel

Ilustrasi buah apel (iStock)
Ilustrasi buah apel (iStock)

Siapa yang tidak tahu buah apel? Buah berwarna merah dan bertekstur renyah ini ternyata mengandung banyak manfaat, lo!

Di balik rasanya yang memang enak dan segar, ada banyak manfaat buah apel bagi kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh.

Buah apel mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan. Mulai dari serat, antioksidan, vitamin C, kalium, vitamin K hingga vitamin B.

Semua yang terkandung dalam buah apel berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit kronis, seperti gagal jantung, diabetes tipe 2, kanker dan Alzheimer.

Kandungan antioksidan dan pektin yang hadir dalam apel juga dikaitkan dengan peningkatan kepadatan tulang dan gigi, melancarkan pencernaan, serta mengoptimalkan sistem metabolisme. 

6 of 7

6. Peach

Studi: Buah Persik Bisa Kurangi Risiko Kanker payudara
Seorang ilmuwan menemukan bahwa senyawa dalam buah persik (peach) punya manfaat bagi wanita

Buah persik atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan buah peach. Buah peach hampir mirip dengan buah apel, namun warna daging buahnya cenderung lebih kuning. Dalam budaya Cina, buah peach sering digunakan untuk keperluan dalam kegiatan doa.

Buah ini sudah cukup populer di Indonesia karena rasanya yang enak untuk dikonsumsi setiap hari sebagai makanan pelengkap dan tambahan masakan.

Selain enak untuk dikonsumsi, buah peach juga mengandung banyak gizi yang berguna untuk kesehatan, diantaranya lemak tak jenuh, magnesium, Iron, vitamin C, vitamin A, protein, gula, dan serat makanan.

Hingga saat ini, orang hanya mengenal buah peach sebagai buah saja, namun belum banyak yang mengetahui jika buah ini bisa digunakan sebagai makanan dan obat berbagai macam penyakit. Vitamin yang terkandung dalam buah peach baik untuk kesehatan kulit Anda.

Tidak hanya itu, ternyata buah peach bisa digunakan untuk membantu pengobatan kanker, lo! Senyawa selenium yang terkandung dalam buah peach berguna untuk pengobatan penyakit kanker. Dengan tambahan vitamin E di dalam buah ini, maka akan menjadikannya sebagai obat alami kanker.

7 of 7

7. Bit

Manfaat Buah Bit
Manfaat Buah Bit (Sumber: iStockphoto)

Buah yang memiliki banyak manfaat yang terakhir yaitu buah bit. Bit berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.

Umumnya, buah bit hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Namun lambat laun, daging buah dan daunnya juga ikut dikonsumsi.

Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Lalu, orang-orang tersebut membudidayakan dan mengkonsumsinya di daerah mereka.

Dalam buah bit mengandung antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh.

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin, dan mineral. Bahkan, buah bit dianggap menjadi salah satu sumber buah yang mengandung jenis fitonutrien, yakni, betalain. Betalain baik untuk mencerahkan warna kulit. Buah bit juga mampu membantu melindungi beberapa perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh.

Hidup Sehat dan Konsumsi Buah-Buahan

Nah, ayo kita sama-sama mulai mengkonsumsi buah setiap hari. Lakukan pola hidup sehat dan konsumsi buah mulai dari sekarang! Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

Lanjutkan Membaca ↓