Sukses

3 Jurus Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sebelum menenggak obat pereda sakit kepala, coba cara alami berikut untuk meredakannya.

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala adalah hal umum yang biasa dirasakan kebanyakan orang karena berbagai faktor, mulai dari stres hingga kelelahan. Ketika keluhan ini mendera sebagian memilih menenggak obat. Padahal, untuk langkah awal ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir sakit kepala tanpa obat. 

Berikut, beberapa cara untuk meredakan sakit kepala berdasarkan penyebabnya seperti disarankan dokter Andrew Weil dari Andrew Weil Arizona Center for Integrative Medicine, dilansir Prevention, Kamis (4/7/2019).

1. Sakit kepala karena tegang

Sakit kepala karena tegang disebabkan oleh otot yang tegang di kepala dan leher. Sakit kepala ini bisa diatasi dengan pijat, akupresur, kompres panas atau dingin, dan gosok dengansesuatu mengandung mentol dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Kegiatan yoga dan meditasi juga dapat membantu mengurangi sakit kepala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Migrain

Sakit kepala di satu sisi saja yang ditandai dengan nyeri berdenyut, sensitivitas cahaya serta kadang mual dan muntah. Migrain disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar dengan cepat dan dipicu oleh sensitivitas makanan, bau yang kuat, dan stres.

Disarankan berhenti minum kafein, terutama kopi. Ketika sensitivitas Anda terhadap kafein meningkat, dan kepala mulai sakit, minum satu atau dua cangkit minuman berkafein untuk menghindari pelebaran pembuluh darah dan menghentikan migrain.

3. Sakit kepala akibat mata tegang

Gejala dari sakit kepala ini adalah mata terasa pegal, panas, gatal, kering atau berair, penglihatan kabur, dan rasa sakit di kepala, leher, atau punggung. Penyebab umumnya karena menatap layar yang terlalu terang atau lama.

Solusi untuk penyakit ini adalah istirahat setidaknya 5 menit per jam saat bekerja di depan layar. Arahkan pandangan ke luar ruangan, coba lihat pemandangan dari yang dekat hingga yang jauh. Selain itu, pastikan menggunakan kacamata yang tepat juga membantu untuk meredakan sakit kepala ini.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.