Sukses

Jenis Desinfektan Ini Bantu Putuskan Penularan Hepatitis A Pacitan

Ada jenis desinfektan yang bisa memutuskan rantai penularan hepatitis A di Pacitan.

Liputan6.com, Pacitan Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur membagikan desinfektan terutama di wilayah yang terjangkit hepatitis A. Desinfektan ini berperan memutus mata rantai penularan hepatitis A.

"Kami sudah membagikan desinfektan untuk mengatasi hepatitis A kepada warga. Jadi, menggunakan itu (desinfektan) memberikan perlindungan kepada warga dari terkena virus hepatitis A," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Eko Budiono kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, ditulis Rabu (3/7/2019).

Desinfektan yang dibagikan kepada warga berupa kaporit dan cairan lysol. Pemberian kaporit bisa pada sumber air bersih maupun di bak penampungan air di rumah untuk membunuh patogen berbahaya.

Sementara, cairan lysol untuk membersihkan lantai rumah dan kamar mandi dari paparan virus. Sehingga, penyebaran virus hepatitis A pun bisa ditekan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sabun Cuci Tangan

Selain membagikan desinfektan, pemerintah juga sudah membagikan sabun cuci tangan kepada warga. Diharapkan warga menggunakan sabun cuci tangan setelah buang air besar dan kecil maupun sebelum mengolah makanan.

"Jaga pola hidup bersih dengan mencuci tangan setelah buang air dan mengolah makanan. Ini mencegah virus masuk ke tubuh," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihantono dalam konferensi pers pada Senin, 1 Juli 2019. 

Penyebaran virus hepatitis A berkaitan dengan pola hidup dan sanitasi buruk. Masa inkubasi virus ini terjadi selama 10-15 hari.

Rasa mual, muntah, dan nyeri perut banyak dialami warga Pacitan yang mengalami gejala hepatitis A. Bahkan ada pasien yang matanya sudah kuning.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.