Sukses

Tekan Perut, Cara Hilangkan Cegukan pada Anak

Begini cara menghilangkan cegukan pada anak

 

Liputan6.com, Jakarta - Dari orang dewasa, anak-anak, sampai bayi pun bisa mengalami cegukan. Hanya saja, penanganan cegukan dari masing-masing umur ini berbeda.

Apabila cegukan terjadi pada orang dewasa, mungkin lebih mudah mengatasinya. Namun apabila terjadi pada anak balita atau bayi, bisa sedikit repot.

Balita dan anak-anak kadang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan cegukan. Ada yang menangis karena tidak bisa mengendalikannya.

Cegukan juga kerap datang tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu, dan kadang bisa berlangsung beberapa menit bahkan ada yang mengalami cegukan hingga berjam-jam.

Ketika menghadapi anak yang cegukan, orangtua tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara mudah yang bisa diprakterkkan ketika anak mengalami cegukan.

Namun, sebelumnya lebih baik mengenali terlebih dahulu apa itu cegukan, dan mengapa bisa terjadi, seperti yang dilansir dari Health Line pada Rabu, 3 Juli 2019 berikut ini;

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Cegukan?

 

Cegukan atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan hiccups, merupakan kejang otot diagframa yang datangnya tiba-tiba. Diagframa adalah otot yang berada di antara dada dan abdomen yang berfungsi sebagai saluran pernafasan.

Ketika diagframa berkontraksi, paru-paru akan mengembang dan dipenuhi dengan oksigen. Dan, sebaliknya ketika diagframa relaksasi, karbondioksida akan keluar dari paru-paru.

Berikut beberapa penyebab kejang diagframa dan bisa mengakibatkan cegukan.

- Menelan terlalu banyak air

- Makan dalam porsi yang sangat besar

- Minum minuma berkarbon

- Perubahan suhu badan atau suhu lingkungan

- Stres

- Terlalu bergembira

Kejang ini menyebabkan pita suara menutup secara tiba-tiba, dan membuat udara masuk ke paru-paru secara tiba-tiba pula. Hal tersebut bisa menyebabkan cegukan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan pada anak, seperti berikut ini:

 

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan dengan Menekan Perut

 

Selain dengan memberi air dan teh pada anak, ada juga cara menghilangkan cegukan lain yang bisa diterapkan untuk anak yang susah minum. Yaitu dengan cara menekan pelan perut bagian atas dan pijat ke arah bawah.

Kegiatan memijat tersebut bisa untuk mengurangi munculnya cegukan susulan, dan bisa menghilangkan cegukan.

Selain dengan menekan perut bagian atas, minta anak untuk fokus pada pernafasannya. Cara menghilangkan cegukan dengan bernafas bisa dilakukan dengan menahan nafas selama beberapa saat atau juga bisa dengan bernapas dengan kantong kertas.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cegukan adalah kontraksi pada otot diafragma (otot yang membatasi dada dan perut) yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari.

    Cegukan

Video Terkini