Studi: Kecoak Kini Lebih Kebal Pestisida

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 01 Jul 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi kecoak (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Kecoak yang selama ini dianggap oleh sebagian orang menjijikkan, dikenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sebuah studi terbaru bahkan menemukan bahwa saat ini, mereka mengembangkan kekebalan untuk melawan pestisida.

Dalam jurnal Scientific Reports, penelitian yang dilakukan terhadap kecoak Jerman (Blattella germanica), memperlihatkan resistensi hewan tersebut terhadap pestisida. Sekalipun, zat yang digunakan belum pernah ditemuinya.

Para ilmuwan dari Purdue University mengadakan percobaan untuk mengetahui bagaimana mereka bisa mengembangkan kekebalan tersebut. Studi tersebut untuk mengetahui bagaimana cara pemberantasan serta pengendalian populasi dengan lebih optimal.

"Jika Anda memiliki kemampuan untuk menguji kecoak terlebih dahulu dan memilih insektisida dengan resistensi rendah, itu meningkatkan peluang," kata ahli entomologi, Michael Scharf seperti dikutip dari Science Alert pada Senin (1/7/2019).

"Tetapi meski begitu, kita memiliki masalah dalam mengendalikan populasi."

2 of 3

Lebih Kebal Terhadap Pestisida

[Bintang] Selama Sembilan Hari Kecoak Tinggal di Telinga Perempuan Ini, Ceritanya Horor Banget
Awalnya perempuan ini merasakan rasa sakit yang aneh di telinganya dan ternyata disebabkan oleh kecoak lalu mimpi buruk pun dimulai. (Foto: iStockphoto)

Dari beberapa percobaan yang dilakukan, Scharf dan timnya menemukan bahwa beberapa populasi kecoak yang mereka kumpulkan tetap berkembang meski sudah diberikan pestisida. Misalnya di salah satu kelompok di wilayah Danville yang tingkat resistensinya mencapai 16 persen.

Mereka juga mencatat bahwa ketika kecoak dalam penelitian terpapar satu jenis pestisida, peluang mereka untuk bertahan hidup lebih baik.

Salah satu kasus dalam penelitian ini adalah serangga yang terpapar zat abamektin setiap bulan, lebih kebal terhadap dua pestisida jenis lain yang digunakan dalam studi. Padahal, abamektin dalam studi ini terbilang sedikit berhasil dalam pemberantasan kecoak yang ada di sebuah apartemen di Indianapolis.

"Kami melihat peningkatan resistensi empat atau enam kali lipat hanya dalam satu generasi," kata Scharf.

"Kami tidak memiliki petunjuk bahwa hal seperti itu, bisa terjadi secepat ini."

3 of 3

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait