Setelah Anak Perempuan Menstruasi, Pertumbuhan Tinggi Badan Menurun

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 30 Jun 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2019, 21:18 WIB
Menstruasi/mlg

Liputan6.com, Jakarta Setelah anak perempuan mengalami menstruasi, pacu tumbuh tinggi badan tidak lagi cepat. Ini disebabkan pengaruh hormon pertumbuhan saat masa pubertas.

Dokter spesialis anak Aditya Suryansyah mengatakan, fase pacu tumbuh anak memang tinggi. Apalagi di awal pubertas, yang ditandai payudara mulai terlihat membesar. Tapi pertumbuhan tinggi badan ada fasenya.

"Awal anak pubertas, hormon pertumbuhan memang tinggi. Tapi dia tumbuh ada fasenya. Nah, menstruasi itu fase akhir pubertas. Jadi, pertumbuhan anak pun tidak cepat lagi," kata Aditya dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, ditulis Minggu (30/6/2019).

Dalam hal ini, tubuh anak perempuan bertambah makin tinggi saat ia di awal fase masa pubertas. Ketika sudah menstruasi, rata-rata kecepatan pertumbuhan tinggi badan akan menurun.

2 of 3

Lama Waktu Menstruasi Tiba

Ilustrasi pembalut. (Istock)
Ada lama waktu menstruasi tiba. (Istock)

Kita sering berpikir, menstruasi termasuk tanda-tanda awal pubertas pada anak perempuan. Hal itu keliru, tanda awal pubertas berupa payudara membesar.

"Menstruasi mulai terjadi itu selang dua tahun setelah payudara membesar. Tidak secara langsung, anak perempuan menstruasi," Aditya melanjutkan.

Dokter yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta mencontohkan, bila payudara anak perempuan baru berkembang pada usia 9 tahun. Maka, ia akan menstruasi saat berusia 11 tahun.

 

3 of 3

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by