Sukses

Adakah Minuman yang Harus Dihindari Selama Menstruasi?

Selama haid atau menstruasi haruskah ada yang dipantang?

 

Liputan6.com, Jakarta - Menstruasi merupakan salah satu tanda bahwa tubuh seorang wanita sudah berkembang dan dapat mengandung. Setelah seorang wanita memasuki tahap menstruasi, maka setiap bulan ovarium akan melepaskan sebuah sel telur yang menjadi cikal bakal pembuahan.

Proses ini dinamakan ovulasi. Jika sperma masuk ke dalam rahim dan membuahi sel telur, maka kehamilan dapat terjadi.

Pada waktu bersamaan, perubahan hormon dalam tubuh juga menyiapkan rahim untuk kehamilan. Apabila sel telur tidak dibuahi, maka sel telur dan dinding rahim akan meluruh dan keluar dari tubuh. Kondisi ini yang kemudian disebut menstruasi.

Walaupun minuman dingin tidak memengaruhi haid Anda, ada sejumlah minuman yang harus Anda hindari selama masa menstruasi. Misalnya konsumsi alkohol berlebihan dapat memengaruhi jadwal menstruasi Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minuman yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

 

Bagi Anda yang juga menderita gangguan seperti asam lambung, hindari berbagai minuman yang dapat memperburuk keluhan asam lambung Anda.

Berbagai minuman yang dapat memperburuk keluhan asam lambung adalah minuman cokelat, kopi hitam, teh dan minuman bersoda.

Tentunya Anda tidak ingin kram perut selama haid juga diperparah keluhan perut kembung dan mual karena kambuhnya gangguan asam lambung Anda.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin minum es saat haid. Minuman dingin tidak memengaruhi siklus menstruasi, apalagi menyebabkan pembekuan darah.

Namun, yang lebih penting adalah jangan lupa untuk memperhatikan jenis minuman yang Anda minum, agar tidak berefek buruk pada kesehatan Anda.

Penulis : Dr Alvin Nursalim SpPD / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini