Kota Ambon Dilirik untuk Festival Yoga Internasional 2020

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 26 Jun 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 26 Jun 2019, 08:00 WIB
Diplomat Berbagai Negara Yoga Bersama di India

Liputan6.com, Jakarta Kota Ambon, Maluku dilirik Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat sebagai tempat diselenggarakannya Festival Yoga Internasional 2020.

Pradeep mengatakan, ada kemiripan kondisi karakteristik antara Ambon dan India. Salah satunya adalah masyarakat yang senang musik dan budaya.

"Saya baru untuk pertama kalinya mengunjungi Kota Ambon dan tertarik dengan berbagai pembangunan, Ambon ideal untuk menjadi tempat diselenggarakannya Festival Yoga Internasional pada Juni 2020," kata Pradeep usai bertemu Sekda Maluku, Hamin Bin Thahir di Ambon pada Selasa (25/6/2019).

Seperti dikutip dari Antara, salah satu lokasi yang menarik untuk diselenggarakannya festival yoga bagi Pradeep adalah kawasan di bawah Jembatan Merah Putih (JMP) yang melintasi Teluk Dalam Ambon.

2 dari 4 halaman

Jembatan Merah Putih Punya Pesona Menarik

(Foto: Dokumen Kementerian Pekerjaan Umum)
Jembatan Merah Putih (Kementerian PUPR)

JMP dinilai sebagai ikon pembangunan dan pariwisata dengan pesona menarik.

"Sehingga kami menawarkan Festival Yoga Internasional di sana, makanya kami meminta dukungan, baik dari Pemprov Maluku maupun Pemkot Ambon."

Hamin mengatakan, ini merupakan pertama kalinya Dubes India untuk Indonesia mengunjungi Ambon, sekaligus menawarkan kerja sama di berbagai sektor.

"Kerja sama bisa dilakukan di sektor musik, budaya, kelautan dan perikanan, pertanian, SDM (Sumber Daya Manusia) dan pengelolaan SDA (Sumber Daya Alam) serta lainnya yang saling menguntungkan kedua belah pihak," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Pesan dalam Yoga

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Menggigit Kuku
Yoga / Sumber: iStockphoto.com

Kedubes India bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Yoga internasional 2019 di lima kota. Mereka adalah Bali pada 16 Juni serta Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar pada 23 Juni lalu.

Pemerintah India memang mempromosikan yoga sebagai gerakan massal secara global melalui Hari Yoga Internasional yang diperingati setiap 22 Juni, sesuai resolusi yang disetujui 193 negara peserta Sidang Majelis Umum PBB pada 11 Desember 2014.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa yoga memiliki pesan untuk kedamaian batin dan harmoni dengan dunia luar melalui kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual.

"Hari Yoga Internasional berusaha untuk memperkuat pesan ini bagi setiap individu dan memotivasi mereka untuk bergabung bersama dalam mewujudkan aspirasi ini," ujar Narendra Modi dalam pesannya tahun ini.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓