5 Kesalahan Saat Menjalankan Diet Keto

Oleh Liputan6.com pada 25 Jun 2019, 10:00 WIB
Diet Keto

Liputan6.com, Jakarta Diet ketogenik atau yang disingkat diet keto banyak dijalani para selebritas dalam dan luar negeri. Sebut saja Robby Purba hingga Kim Kardashian berhasil menurunkan berat badan dengan diet ini. 

Diet keto adalah diet tinggi protein dan lemak serta rendah karbohidrat. Diet ini akan memaksa tubuh untuk membakar lemak yang disimpan tubuh menjadi energi atau ketosis.

Menurut Melissa Bailey, RD, ahli diet klinis Rumah Sakit Universitas Pennsylvania sebenarnya untuk membuat tubuh mencapai ketosis tidak mudah. 

"Bahkan di bawah pengawasan tim rumah sakit, kondisi itu sulit dicapai," kata Bailey.

Selain itu, berikut beberapa hal kesalahan yang kerap dilakukan mereka menjalankan diet keto seperti dilansir Health, Selasa (25/5/2019).

1. Konsumsi lemak jenuh berlebih

Diet keto membatasi konsumsi karbohidrat sebanyak 20-50 gram sehari. Lalu, memperbanyak lemak untuk mengganti kekurangan kalori. Namun, tidak sedikit yang memilih mengonsumsi lemak jenuh secara berlebihan.

"Saya sering melihat orang yang mengatakan dirinya diet keto, dia makan bacon dan daging olahan lainnya dalam jumlah yang banyak," kata Bailey. 

Berdasarkan penelitian, konsumsi lemak jenuh akan meningkatkan  18 persen berisiko kena penyakit jantung koroner.

 

2 of 4

2. Melupakan Nutrisi Penting

Diet Keto vs Diet Detoks: Mana Lebih Efektif Turunkan Berat Badan (Sewcream/shutterstock)
Diet Keto (Sewcream/shutterstock)

Diet keto melarang mengonsumsi susu atau biji-bijian yang menjadi sumber kalsium, zat besi atau magnesium. Hal itu membuat tubuh jadi kekurangan mikronutrien. 

"Ketika Anda membatasi itu, Anda tidak akan mendapatkan kandungan yang sama walau memperbanyak makan daging," kata Bailey.

"Saran saya, coba konsultasikan dengan dokter Anda ketika sedang mengikuti asupan makan seperti ini. Mungkin bakal diberikan vitamin tambahan," katanya lagi. 

 

3. Kurang Minum

Banyak dari para orang yang mencoba diet keto mengalami penurunan berat badan karena kurangnya konsumsi air. Jika air dalam tubuh tidak diisi kembali dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti sembelit dan flu. Yakni suatu kondisi tubuh yang lesu dan kelelahan bahkan kadang ada yang muntah-muntah karena menjalankan diet ini. 

 

3 of 4

4. Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

Diet keto membatasi konsumsi karbohidrat tapi begitu banyak makanan yang mengandung karbohidrat dan tanpa sadar Anda mengonsumsinya. 

"Jika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, hal ini malah membuat Anda jauh dari ketosis," kata ahli nutrisi Kristen Kizer.

5. Berharap Hasil Lama

Diet keto menjadi populer karena dapat membuahkan hasil lebih cepat dari diet pada umumnya. Namun, berat badan mereka kembali secara cepat ketika tidak lagi menjalankan gaya hidup sehat.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

4 of 4

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓