Wanita Juga Bisa Orgasme Saat Berolahraga

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 23 Jun 2019, 20:00 WIB
Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Orgasme ternyata tidak hanya bisa terjadi ketika wanita melakukan hubungan seksual saja. Beberapa malah mengalaminya ketika sedang berolahraga.

Orgasme jenis ini dikenal dengan nama "coregasme." Dalam jurnal Sexual and Relationship Therapy, peneliti Debby Herbenick dan J. Dennis Fortenberry mencatat bahwa, orgasme ini mungkin terjadi ketika seseorang melakukan olahraga yang melibatkan otot inti perut.

Beberapa olahraga yang bisa membuat seorang wanita mengalami orgasme antara lain: latihan perut, angkat berat, bersepeda, serta pole atau rope climbing.

"Ini menarik karena mereka menunjukkan bahwa orgasme belum tentu merupakan peristiwa seksual dan mereka juga dapat mengajarkan kita lebih banyak tentang proses tubuh yang mendasari pengalaman orgasme wanita," kata Herbenick seperti dikutip dari Medical News Today pada Minggu (23/6/2019).

2 of 4

Tidak Berfantasi Seksual Selama Berolahraga

Orgasme (iStockphoto)
Sebagian wanita kesulitan untuk meraih orgasme, sementara yang lain bisa dengan mudah mendapatkannya. (iStockphoto)

Penelitian dilakukan lewat sebuah survei daring pada 124 wanita dewasa yang mengakui bahwa mereka mengalami orgasme saat olahraga. Sementara, 246 partisipan lainnya juga mengatakan bahwa mereka mengalami kenikmatan seksual akibat orgasme tersebut ketika berolahraga.

Usia para peserta berada di sekitar 18 hingga 63 dan sebagian besar sudah menikah atau berada dalam sebuah hubungan.

Para peneliti melihat beberapa temuan menarik. 20 persen dari mereka yang mengalami pengalaman ini, mengatakan tidak bisa mengendalikan hal itu. Selain itu, sebagian besar juga tidak memiliki fantasi seksual atau memikirkan orang yang menarik selama kejadian itu.

3 of 4

Olahraga Penyebab Orgasme

Manfaat Olahraga
Manfaat Olahraga (Sumber: istockphoto)

Mengenai olahraga yang dilakukan, 51,4 persen mengatakan bahwa mereka mencapai orgasme setelah latihan perut selama sembilan puluh hari sebelumnya. 26,5 persen mengaitkan pengalaman itu dengan angkat berat, 20 persen dengan yoga, 15,8 persen dengan bersepeda, dan 13,2 persen mengaitkannya dengan hiking atau lari.

Herbenick tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya. Namun, dia mengatakan bahwa apabila ini terjadi, pengalaman tersebut adalah hal yang normal.

"Mungkin olahraga tersebut, yang sudah diketahui memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan, memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupan seksual perempuan juga," ujarnya.

4 of 4

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓