Kalahkan Morning Sickness dengan 4 Makanan yang Gampang Ibu Dapatkan Ini

Oleh Aditya Eka Prawira pada 23 Jun 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi Morning Sickness, Hamil (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Morning sickness wajar terjadi pada ibu hamil terutama pada trimester pertama kehamilan. Tanda-tandanya, ibu akan merasa pusing dan seringkali disertai rasa mual.

Morning sickness memang sangat menganggu aktivitas para ibu hamil. Apalagi ditambah dengan kondisi badan sang ibu yang kurang sehat bisa menyebabkan intensitas morning sickness meningkat. Morning sickness tidak hanya terjadi pada pagi saja, tetapi juga bisa terjadi selama satu hari penuh.

Dengan kondisi tersebut, tentu saja sangat menganggu aktivitas sang ibu. Bahkan, sang ibu bisa saja tidak mampu untuk beraktivitas sama sekali. Hal tersebut sering kali membuat sang ibu merasa tidak nyaman akan kondisi kehamilannya.

Untuk itu, sebaiknya sang ibu mulai mencari cara agar intensitas morning sickness nya tidak menganggu kesibukannya. Tidak perlu khawatir, berikut empat makanan untuk mengatasi morning sickness yang di kutip dari situs dr. Ivan Sini pada Minggu, 23 Juni 2019.

 

2 of 5

Cokelat Hitam Penghalau Morning Sickness

Cokelat hitam merupakan salah satu makanan yang ampuh untuk meredakan morning sickness. cokelat mampu mengurangi rasa mual dan pusing yang diderita oleh ibu hamil.

Dengan rasa yang solid dan sedikit pahit itulah yang mampu menenangkan saraf ibu hamil. Hindari makan cokelat yang manis pada saat rasa mual itu muncul.

Rasa manis yang terkandung di dalam cokelat mampu membuat sang ibu semakin merasakan mual.

 

3 of 5

Tangkal Morning Sickness dengan Biskuit

Salah satu faktor munculnya morning sickness adalah karena perut yang kosong pada saat bangun tidur. Untuk mengatasi hal tersebut, solusi yang paling mudah dan cepat adalah menyiapkan crackers di kamar.

Crackers yang dipilih tidak boleh mengandung gula, sebaiknya konsumsi crakers yang mengandung rasa asin dan gurih. Sahabat Dream pada saat bangun tidur bisa langsung memakannya agar tidak terjadi morning sickness.

 

4 of 5

Buah Lemon

Buah lemon dipercaya mampu meredakan rasa pusing berlebihan yang dialami oleh ibu hamil. Lemon mampu menyegarkan tubuh dan juga aromanya mampu menenangkan saraf yang tegang.

Ibu mengkonsumsi lemon dalam bentuk apa saja seperti misalnya mencampurkan dengan teh hangat, membuat lemon hangat, ataupun lemonade. Untuk waktu konsumsi, sang ibu bisa mengkonsumsi ini kapanpun sesuka hatinya.

 

5 of 5

Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat tinggi mampu membantu perkembangan bayi di dalam kandungan. Asam folat juga bisa mencegah cacat bawaan seperti spina bifida pada bayi.

Makanan yang mengandung asam folat dapat dengan mudah dicari dan dijumpai disekitar kita.

Misalnya seperti sawi, brokoli, kangkung, dan makanan hijau lainnya. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kacang merah juga mengandung asam folat yang cukup tinggi.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait