4 Tips Mudah Ajak Kencan Orang Yang Disuka

Oleh Liputan6.comAditya Eka Prawira pada 24 Jun 2019, 21:00 WIB
Kencan

 

Liputan6.com, Jakarta - Tidak mudah mengajak kencan seseorang. Meski memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tetap saja ada risiko bahwa Anda bakal mendapat penolakan.

Penolakan inilah menjadi alasan terbesar takut mengajak kencan seseorang yang disuka. Namun, ada cara-cara yang dapat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk mengajak seseorang ber-kencan, dengan harapan tak ada penolakan.

Berikut sejumlah tips yang dapat Anda ikuti seperti dikutip dari situs Men's Health pada Senin, 24 Juni 2019.

1. Jangan terlalu dipikirkan

Salah satu ketakutan terbesar untuk memulai hubungan adalah penolakan. Padahal hal ini harusnya tidak menahan Anda untuk menyatakan perasaan Anda.

Seksolog dan psikoterapis klinis, Kristie Overstreet menjelaskan alasan di balik hal ini adalah tidak ada orang yang ingin terlihat bodoh atau ditolak saat menjadi dirinya sendiri. Selain itu, ada kesulitan untuk menerima diri sendiri.

"Ketakutan dan kekhawatiran ini menarik kita untuk mengambil risiko. Hal ini terjadi karena kita ingin melindungi ego dan takut terluka," kata Kristie.

"Jangan terlalu memikirkan atau mempersulitnya. Jadikanlah hal tersebut hal mudah seperti bertanya apakah mereka ingin makan malam," Kristie melanjutkan.

Jangan takut untuk mengajaknya kencan. Jika Anda diterima, itu adalah hal baik. Jika mereka menolak Anda, maka Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu Anda.

 

2 of 4

2. Jangan Bertele-Tele

Kristie mengatakan untuk langsung menyatakan keinginan saat sedang mengaja seseorang berkencan.

Jika tidak langsung menyatakan keinginan, Anda mungkin akan membuat orang yang Anda suka bingung bahkan menyebabkan salah paham.

"Jangan menjadi tidak jelas dengan pertanyaan seperti "mau bertemu?". Nyatakan secara spesifik jika Anda ingin mengajaknya berkencan, seperti "apakah kamu punya waktu untuk makan malam bersama di hari Selasa?". Pertanyaan tersebut akan menunjukan bahwa Anda tertarik dengan orang yang Anda sukai," katanya.

 

3 of 4

3. Perhatikan Respons

Bila Anda tidak mendapatkan balasan 'ya' secara jelas maka orang yang Anda suka mungkin tidak tertarik dengan Anda.

Perhatikanlah cara orang yang Anda suka merespon Anda. Jika orang yang Anda suka sibuk tapi mereka memberi waktu alternatif, kemungkinan orang tersebut juga tertarik pada Anda.

Jika tidak, Anda mungkin harus berhenti untuk berharap. Berikan orang yang Anda sukai waktu untuk menjawab ajakan Anda.

"Jika mereka membalas, coba tunggu jawabannya. Jika mereka tidak membalas untuk kedua kali, mungkin ini waktu Anda untuk membiarkan mereka pergi," kata Kristie.

 

4 of 4

4. Mulai dari Pembicaraan Kecil

Menemui seseorang secara langsung dan mengajaknya berkencan memiliki aturannya tersendiri.

Anda tidak bisa begitu saja menemui orang yang Anda suka dan menyatakan keinginan Anda untuk mengajak berkencan. Mulailah dengan pembicaraan kecil dan carilah hal yang Anda dan dia sukai.

"Lihatlah responsnya. Contohnya jika Anda mendekati seseorang dan tidak mendapat respon baik maka berhentilah. Jika tidak, bicarakanlah hal yang mebuatnya tertarik sesuai situasi saat Anda mendekatinya," katanya.

Dia mengatakan bahwa Anda tidak perlu takut untuk mendapat penolakan. Lihatlah sisi positif dari segala hal. Bila tidak ada penolakan, Anda mungkin akan berakhir dalam hubungan dengan seseorang yang tidak sesuai dengan Anda.

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait