Mau Pangkas Berat Badan Tanpa Diet? Ini Caranya

Oleh Liputan6.com pada 24 Jun 2019, 08:00 WIB
Manfaat Kedelai

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan adalah salah satu hal yang sulit untuk dicapai sebagian orang. Diet menjadi cara populer untuk mengatasinya.

Berbagai macam tipe diet pun muncul, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang. Namun, sebagian orang tetap merasa kesulitan untuk melakukan diet.

Melansir dari Men's Health, berikut cara untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet:

1. Ubah fokus olahraga

"Ubahlah pandangan bahwa olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan pikirkan apa yang Anda dapatkan dari olahraga," kata Psiologis Olaharga Tom Holland.

Holland mengatakan bahwa manfaat olahraga tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi memiliki manfaat lain yang lebih luar biasa. Misalnya jantung lebih kuat atau sistem kardiovaskular jadi lebih sehat. Pikirkanlah hal tersebut lebih dulu sehingga motivasi untuk olahraga dapat meningkat.

 

 

2 of 3

Tidur

2. Tidur

Tidur memiliki berbagai manfaat untuk tubuh Anda. Sebuah studi menemukan bahwa tidur dengan waktu yang cukup dapat membantu Anda untuk menjaga pola makan lebih baik. Studi lain juga menemukan bahwa kekurangan tidur akan membuat seseorag makan lebih banyak pada malam hari sehingga terjadi peningkatan berat badan lebih cepat.

3. Tidak melakukan kegiatan lain saat makan

Ahlie Diet Sharon Richter mengatakan bahwa Anda harus fokus untuk tidak melakukan kegiatan lain saat sedang makan.

"Anda tidak dapat mengonsumsi seluruh makanan dalam 20 detik karena Anda melakukan 20 hal lainnya," kata Richter.

Anda dapat memberi beberapa aturan untuk diri sendiri. Contohnya seperti larangan makan sambil berjalan. Hal ini akan membuat Anda memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehingga kalori yang dikonsumsi dapat diketahui.

3 of 3

Jangan makan terlalu cepat

4. Jangan makan terburu-buru

Berbagai studi menunjukan bahwa lama waktu makan mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi. Caranya bukan dengan mengunyah secara lambat. Habiskanlah makanan dalam mulut sebelum memasukkan suapan baru atau turunkan sendok dan garpu setiap sedang mengunyah.

5. Fokus pada tujuan

Fokuskan tujuan pada alasan Anda untuk menurunkan berat badan. Anda dapat menuliskannya pada buku catatan atau sejenisnya sehingga Anda melihatnya setiap hari. Hal ini akan membuat Anda selalu ingat tujuan Anda untuk menurunkan berat badan.

6. Konsumsi cemilan sehat

Sulit menghindari keinginan untuk mengkonsumsi cemilan. Tapi, Anda dapat mengkonsumsi cemilan sehat seperti kacang-kacangan, alpukat dan lainnya. Fokuskan diri Anda pada tujuan untuk menurunkan berat badan. Utamakanlah kesehatan Anda.

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓