3 Sebab Bayi Suka Tersenyum Saat Tidur

Oleh Aditya Eka Prawira pada 21 Jun 2019, 19:00 WIB
Ilustrasi Bayi Tidur (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Memandang wajah bayi saat tidur lelap jadi momen yang paling menenangkan dan membahagiakan bagi orangtua. Apalagi jika saat tidur, si kecil tiba-tiba tersenyum. Hati pasti langsung 'meleleh' dibuatnya.

Mungkin banyak yang penasaran, mengapa bayi bisa tersenyum saat tidur? Sahabat Dream juga penasaran?

Bayi tersenyum bahkan sampai tertawa dalam tidur mereka karena fungsi otak tertentu yang disebabkan oleh tahapan tidur REM, yaitu saat kita bermimpi.

Senyum bayi, seperti dikutip dari Momjunction pada Jumat, 21 Juni 2019, adalah respons terhadap mimpi itu. Bayi juga dapat tersenyum ketika mereka tertidur atau bangun, yang bisa menjadi reaksi terhadap perasaan senang atau senang yang mereka alami pada saat itu.

 

2 of 3

Bagaimana Tidur Membuat Bayi Tersenyum?

Untuk mengetahui mengapa bayi tersenyum dalam tidurnya, pahami dulu siklus tidur dan tahapannya. Ada dua fase dasar tidur, yaitu non-rapid eye movement (NREM) dan rapid eye movement (REM).

Seperti namanya, yaitu saat ada gerakan mata yang cepat di bawah kelopak mata dalam tidur pada REM dan tidak ada gerakan di NREM. Bayi memulai tidur mereka dengan NREM. Setelah itu akan tidur dalam fase REM.

 

3 of 3

Senyum di Fase REM

Mata bergerak cepat selama tahap REM ketika otak sedang aktif dan bermimpi. Para pakar tidu percaya bahwa gerakan mata agak terkait dengan mimpi yang sedang diproses oleh otak.

Tahap REM menyebabkan peningkatan aktivitas otak, kadang-kadang sampai batas tertentu untuk membangunkan orang tersebut. Pola listrik otak selama tidur REM mirip dengan yang aktif ketika kita bangun. Ini menunjukkan bahwa mimpi selama tidur REM terjadi, otak tampaknya mensimulasikan kenyataan.

Bayi cenderung tidur selama 16 jam sehari, setengahnya adalah tidur REM. Karena itu, tidak mengherankan melihat bayi itu tersenyum ketika mereka tertidur di siang atau malam hari.

Kali berikutnya bayi Anda tersenyum saat tidur, itu berarti mereka tidur nyenyak dan memiliki mimpi indah juga!

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait