Sukses

Cara Ampuh Menenangkan Anak Tantrum di Tempat Umum

Dokter spesialis anak menyampaikan cara yang baik dalam menenangkan anak tantrum.

Liputan6.com, Jakarta Anak tantrum di tempat umum kerap membuat orangtua khawatir tingkah anaknya bisa mengganggu orang lain. Menurut dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang Catharine M Sambo, cara terbaik untuk menenangkan anak tantrum dengan menjauhkan anak ke tempat lebih sepi. 

"Cara menenangkan anak tantrum dengan membawanya pergi dari orang banyak. Gendong anak lalu bawa pergi ke suatu tempat (yang agak sepi)," saran Catharine saat ditemui di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta ditulis Jumat (21/6/2019).

Tantrum mencapai puncak ketika anak berusia 2-3 tahun. Di usia tersebut anak mampu mengkomunikasikan apa yang dia inginkan. Orangtua harus bisa menenangkan dan melatih anak berkomunikasi apa yang diinginkan tanpa harus 'mengamuk.'

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan selalu berikan keinginan anak

Anak menjadi tantrum biasanya ingin meminta sesuatu, apakah mainan, makanan atau barang lain. Saat orangtua tidak memberikan, anak pun bisa mengamuk

"Misalnya, anak mau sesuatu, kalau itu tidak tepat buat anak, jangan lantas dikasih gara-gara tantrum," tambah Catharine.

"Anak perlu belajar, meminta sesuatu dengan keadaan tantrum bukan perilaku baik," lanjut dokter yang praktik di RSPI-Pondok Indah ini. 

Setelah anak mulai tenang, orangtua bisa menanyakan kenapa anak sangat menginginkan sesuatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.