Sukses

Saran Dokter Bila Anak Demam Setelah Main di Luar Rumah Seharian

Jangan buru-buru beri obat bila anak demam setelah bermain di luar rumah seharian

Liputan6.com, Jakarta Anak terkadang demam setelah main di luar rumah seharian. Namun, orangtua tidak perlu cemas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan awal pengobatan.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, Catharine M Sambo, menyarankan agar orangtua perlu memeriksa kecukupan air anak bila anak demam usai seharian bermain di luar rumah. 

"Saat anak pulang setelah main seharian, periksa dulu, apakah dehidrasi atau tidak," tutur Catharine dalam acara diskusi "Pentingnya Bermain di Luar Ruangan" di Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Bila anak dehidrasi, salah satu tandanya demam. Selain itu, dehidrasi juga membuat anak minum banyak air. Jadi, lebih baik memberikan air anak minum terlebih dahulu daripada obat penurun panas. 

"Tindakan pertama adalah banyak minum dulu. Dalam hal ini, anak demam karena dehidrasi," lanjut Catharine yang berpraktik di RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kompres dengan Air Hangat

Tahap selanjutnya, kompres anak dengan air hangat yang membantu menurunkan suhu tubuh.

"Untuk kenaikan suhu tubuh, kompres dengan air hangat. Penyebab anak demam setelah main di luar biasanya karena infeksi virus," kata Catharine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.