Sukses

Olahraga Pagi atau Sore Hari Punya Manfaat Berbeda

Mau olahraga pagi atau sore hari, punya manfaat berbeda buat tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga pagi atau sore hari ternyata memiliki efek yang berbeda. Para peneliti dari University of Copenhagen menemukan, efek dari olahraga mungkin berbeda tergantung pada waktu olahraga yang dilakukan.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari menghasilkan peningkatan respons metabolik pada otot rangka, sedangkan olahraga di sore hari meningkatkan pengeluaran energi dalam waktu yang lama.

Peneliti University of Copenhagen bekerja sama dengan peneliti dari University of California Irvine melakukan studi penelitian waktu olahraga. Studi dilakukan menggunakan tikus.

"Tampaknya ada perbedaan yang cukup signifikan antara efek olahraga yang dilakukan di pagi dan sore hari. Perbedaan-perbedaan ini mungkin dikendalikan jam sirkadian tubuh. Olahraga pagi hari berpengaruh pada gen dalam sel otot. Kinerja gen menjadikan lebih efektif dan mampu memetabolisme gula dan lemak," tulis peneliti Jonas Thue Treebak dari Novo Nordisk Foundation Center for Basic Metabolic Research Center, dilansir dari Medical Xpress, Senin (17/6/2019).

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga di Pagi Hari Tidak Selalu Lebih Baik

Para peneliti mengukur sejumlah efek olahraga pagi dan sore hari di dalam sel otot, termasuk respon transkripsi dan efek pada metabolit. Hasil penelitian menunjukkan, respons jauh lebih kuat setelah olahraga di pagi hari.

Hal ini ini cenderung dikendalikan mekanisme sentral yang melibatkan protein HIF1-alfa, yang secara langsung mengatur jam sirkadian tubuh. Olahraga di pagi tampaknya meningkatkan kemampuan sel-sel otot untuk memetabolisme gula dan lemak.

Efek ini menarik minat para peneliti dalam kaitannya dengan orang-orang dengan kelebihan berat badan yang parah dan diabetes tipe 2. Di sisi lain, olahraga di sore hari meningkatkan pengeluaran energi dalam beberapa jam saja setelah berolahraga.

Oleh karena itu, para peneliti tidak dapat menyimpulkan, olahraga di pagi hari lebih baik daripada olahraga di sore hari.

"Atas penelitian ini, kita tidak dapat mengatakan dengan pasti, mana yang terbaik, olahraga di pagi hari atau sore hari. Kami hanya dapat menyimpulkan, efek keduanya wakut itu tampak berbeda," Jonas melanjutkan.

Hasil penelitian berjudul Time of Exercise Specifies the Impact on Muscle Metabolic Pathways and Systemic Energy Homeostasis, yang dipublikasikan di jurnal Cell Metabolism.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.