Sukses

4 Tokoh yang Pernah Derita Kanker Otak

Berikut beberapa tokoh yang pernah mengidap penyakit kanker otak

Liputan6.com, Jakarta Komedian yang juga binaragawan, Agung Hercules, saat ini sedang berjuang melawan kanker otak glioblastoma. Kondisi ini membuatnya fokus menjalani perawatan sehingga hiatus dari dunia hiburan.

Selain Agung Hercules, ada beberapa tokoh yang juga pernah mengidap kanker otak. Dilansir dari berbagai sumber inilah mereka:

1. Senator Amerika Serikat, John McCain

Senator Senior dari Amerika Serikat ini pernah menjadi calon presiden pada 2008 namun kalah dari Barack Obama. Pada 2015, McCain diangkat menjadi Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat namun ia mengurangi tugasnya setelah didiagnosis menderita kanker otak.

Beragam pengobatan ia jalani hingga akhirnya memutuskan menghentikan pengobatan kanker otak tipe glioblastoma. Tak lama ia meninggal pada Agustus 2018 di usia 81 tahun seperti melansir laman Scientific American. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Epy Kusnandar

Awalnya sering muntah-muntah, demam tinggi, hingga tekanan darahnya naik, begitu menyetir tiba-tiba mengalami black out dan akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Menurut hasil pemeriksaan dokter, Kang Epy menderita kanker otak dan divonis hidup tinggal 4 bulan.

Epy memilih untuk melakukan pengobatan alternatif dengan ramuan ahli terapi herbal Jeng Ana. Tidak mengonsumsi daging dan terus mengonsumsi sarang semut setiap pagi dan sore, Kang Epy berhasil sembuh. 

 

3. Pesepakbola, Jose Enrique

Pada 2018, Jose merasakan gangguan pada bagian kepalanya. Setelah memeriksakan kepalanya, dia tidak menyangka bahwa penyebab gangguan pada kepalanya adalah sebuah tumor ganas.

Pria yang pernah membela Liverpool dari 2011-2016 melakukan operasi di Spanyol. Selama setahun Jose berusaha melawan kanker otaknya dengan melewati kesakitan. Setelah menjalani operasi dan pemulihan, kini keadaan Jose menjadi lebih baik.

3 dari 3 halaman

4. Mark Ruffalo

Mengutip Looper, Ruffalo menceritakan, dia bermimpi terkena tumor otak pada 2001. Hal tersebut membuatnya khawatir dan memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter. Setelah melakukan CT Scan ditemukan tumor otak jenis Acoustic Neroma.

Pascakelahiran putranya, dia memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan tumor. Operasinya berjalan sukses tapi Mark Ruffalo terpaksa kehilangan pendengaran permanen di telinga kirinya.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kanker otak merupakan kanker yang berawal dari sel otak. Saat kanker otak bertumbuh, sel kanker dapat menyebabkan tekanan pada jaringan otak

    Kanker Otak

  • Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh.

    Kanker