Sukses

Jenis Steroid yang Biasa Digunakan Binaragawan untuk Perbesar Otot

Ada jenis steroid untuk otot yang biasa digunakan binaragawan demi penampilan terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Demi mendorong penampilan tubuh lebih memukau, ada jenis steroid dalam suplemen pembentuk otot yang biasa dikonsumsi binaragawan. Steroid anabolik menjadi kunci utama memperbesar otot. Binaragawan pun punya otot yang superbesar.

"Suplemen yang mengandung jenis steroid anabolik itu yang paling sering digunakan binarawagan membentuk otot. Ya, buat memperbesar otot sehingga terlihat ototnya gede secara ekstrem," kata Ahli Nutrisi Olahraga Mury Kuswari saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (17/6/2019).

Binaragawan memanfaatkan steroid anabolik untuk meningkatkan massa otot, kinerja, dan daya tahan tubuh serta mempersingkat waktu pemulihan di antara latihan. Steroid anabolik, yang juga disebut anabolik-androgenik steroid (AAS) bisa membangun otot dan meningkatkan kinerja atletik.

"Jenis steroid ini terkandung dalam beberapa suplemen pembentuk otot. Namun, tidak semua suplemen mengandung steroid anabolik," tambah Mury, yang juga Ketua Umum Indonesian Association of Fitness and Sport Nutritionist (ANOKI).

Penggunaan steroid anabolik pada binaragawan biasanya disuntikkan ke otot atau diminum sebagai tablet.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Penggunaan Berlebihan

Ahli Farmasi Klinis Alan Carter mengungkapkan, ada efek samping penggunaan steroid anabolik. Steroid anabolik mempercepat pertumbuhan tulang.

"Jika steroid itu disalahgunakan oleh remaja yang belum pubertas, obat-obatan ini dapat menyebabkan penuaan dini tulang dan membatasi pertumbuhan. Steroid anabolik juga bersifat adiktif," kata Alan, sesuai dikutip dari Medical News Today.

Ini berarti Anda membutuhkan obat, memerlukan lebih banyak obat untuk mendapatkan efek memperbesar otot.

"Steroid (termasuk steroid anabolik) memang bisa menyebabkan adiktif (kecanduan). Mereka pengen otot segera cepat membesar. Dan ini dipicu dengan penggunaan steroid yang berlebihan melebihi dosis yang tertera pada kemasan suplemen," Mury menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.