4 Kunci Pernikahan Langgeng Selamanya

Oleh Benedikta Desideria pada 16 Jun 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 16 Jun 2019, 09:00 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pernikahan langgeng hingga maut memisahkan adalah harapan semua orang. Namun, terkadang ada kerikil lalu batu sandungan yang membuat pernikahan harus berakhir lewat perceraian.

Memang butuh usaha dari kedua belah pihak bila ingin memiliki pernikahan langgeng. Baik suami dan istri perlu saling berusaha untuk menjaga cinta tetap hidup, menetapkan tujuan bersama, serta mampu mengatasi perubahan bersama.

Psikoterapis yang merupakan terapis keluarga berlisensi, Tina Tessina, berbagi beberapa kunci sederhana bisa memiliki pernikahan langgeng. Selengkapnya, seperti dilansir Huffington Post, Minggu (16/6/2019).

1. Bicara secara rutin dan jujur satu sama lain

Kunci pernikahan yang pertama nampaknya mudah ya. Namun, memang hal ini bisa membuat hubungan tetap kuat selamanya.

"Bicarakan apa saja, soal frustrasi, kehidupan seks, kemarahan, kekecewaan, hal yang dihargai dalam hidup, makna hidup, dan hal-hal yang Anda rasa penting," saran Tina.

2. Bekerja sama untuk menyelesaikan masalah

"Jadilah tim dan mitra. Jangan terjebak pada siapa yang benar dan salah. Lebih baik fokus cara menyelesaikan masalah," tutur Tina.

2 dari 3 halaman

3. Pertahankan komunikasi

[Bintang] Menikah Itu Bukan Ajang Lomba-lombaan, Pastikan Kamu Bahas 3 Hal Ini Sama Si Dia
Perbesar
Selain cinta, menikah juga memerlukan banyak hal supaya pernikahan kamu dengannya langgeng untuk selama-lamanya. (Foto: Desiring God)

Pertahankan ikatan Anda baik dalam bentuk komunikasi, seks, kasih sayang, pengertian serta kepedulian satu sama lain.

4. Pertahankan selera humor

Hubungan pasti akan membosankan ya jika tidak ada canda tawa. "Jadi, milikilah selera humor dan saling memperhatikan," tutup Tina.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓