Sukses

4 Kunci Pernikahan Langgeng Selamanya

Terapis keluarga berlisensi membagikan hal sederhana tapi ampuh membuat pernikahan langgeng selamanya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pernikahan langgeng hingga maut memisahkan adalah harapan semua orang. Namun, terkadang ada kerikil lalu batu sandungan yang membuat pernikahan harus berakhir lewat perceraian.

Memang butuh usaha dari kedua belah pihak bila ingin memiliki pernikahan langgeng. Baik suami dan istri perlu saling berusaha untuk menjaga cinta tetap hidup, menetapkan tujuan bersama, serta mampu mengatasi perubahan bersama.

Psikoterapis yang merupakan terapis keluarga berlisensi, Tina Tessina, berbagi beberapa kunci sederhana bisa memiliki pernikahan langgeng. Selengkapnya, seperti dilansir Huffington Post, Minggu (16/6/2019).

1. Bicara secara rutin dan jujur satu sama lain

Kunci pernikahan yang pertama nampaknya mudah ya. Namun, memang hal ini bisa membuat hubungan tetap kuat selamanya.

"Bicarakan apa saja, soal frustrasi, kehidupan seks, kemarahan, kekecewaan, hal yang dihargai dalam hidup, makna hidup, dan hal-hal yang Anda rasa penting," saran Tina.

2. Bekerja sama untuk menyelesaikan masalah

"Jadilah tim dan mitra. Jangan terjebak pada siapa yang benar dan salah. Lebih baik fokus cara menyelesaikan masalah," tutur Tina.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pertahankan komunikasi

Pertahankan ikatan Anda baik dalam bentuk komunikasi, seks, kasih sayang, pengertian serta kepedulian satu sama lain.

4. Pertahankan selera humor

Hubungan pasti akan membosankan ya jika tidak ada canda tawa. "Jadi, milikilah selera humor dan saling memperhatikan," tutup Tina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.