Percantik Kulit hingga Atasi Sembelit, Ini Manfaat Makan Mangga

Oleh Liputan6.com pada 15 Jun 2019, 09:00 WIB
buah mangga

Liputan6.com, Jakarta Mangga, buah eksotis satu ini rasa-rasanya hampir digemari semua orang. Selain memiliki rasa yang segar, buah tropis ini memiliki juga punya manfaat baik bagi kesehatan.

Jika dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, mangga bakal memiliki manfaat bagi tubuh. Seperti melansir Health, Sabtu (15/6/2019) berikut manfaat makan mangga:

1. Turunkan risiko kena kanker

Mangga mengandung berbagai tipe polifenol. Kandungan ini memiliki antioksidan berperan mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif seperi kanker dan diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, antioksidan mangga menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

2.Menjaga Sistem Imun

Satu cangkir mangga memenuhi seperempat kebutuhan vitamin A per hari. Kandungan vitamin A penting agar sistem imun dapat bekerja dengan baik. Kekurangan vitamin rentan terhadap infeksi.

 

2 of 3

3. Percantik Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Mangga
Manfaat Buah Mangga (sumber: iStock)

Kandungan vitamin A dalam mangga biak untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan tersebut menjaga rambut tetap lembut dan sehat. Dalam penelitian terhadap hewan, kekurangan vitamin A merupakan penyebab kuat kerontokan rambut.

Satu cangkir mangga memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk memproduksi kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit serta mencegah kerutan.

4. Meredakan sembelit

Sebuah penelitian terhadap orang dengan kondisi sembelit kronik menemukan bahwa konsumsi mangga lebih menolong dibanding mengonsumsi serat dalam jumlah yang sama. Namun, perlu diperhatikan bahwa mangga merupakan makanan yang dapat menyebabkan kondisi kembung pada beberapa orang. Terutama orang dengan irritable bowel syndrome (IBS).

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam mangga dapat meningkatkan penglihatan Anda. Kandungan natural di dalamnya melindungi retina dan lensa mata. Kandungan tersebut juga melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya serta memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula.

 

Penulis: Khairuni Cesario

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓