Sukses

Percantik Kulit hingga Atasi Sembelit, Ini Manfaat Makan Mangga

Selain segar, mangga memiliki juga punya manfaat baik bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Mangga, buah eksotis satu ini rasa-rasanya hampir digemari semua orang. Selain memiliki rasa yang segar, buah tropis ini memiliki juga punya manfaat baik bagi kesehatan.

Jika dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, mangga bakal memiliki manfaat bagi tubuh. Seperti melansir Health, Sabtu (15/6/2019) berikut manfaat makan mangga:

1. Turunkan risiko kena kanker

Mangga mengandung berbagai tipe polifenol. Kandungan ini memiliki antioksidan berperan mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif seperi kanker dan diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, antioksidan mangga menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

2.Menjaga Sistem Imun

Satu cangkir mangga memenuhi seperempat kebutuhan vitamin A per hari. Kandungan vitamin A penting agar sistem imun dapat bekerja dengan baik. Kekurangan vitamin rentan terhadap infeksi.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Percantik Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dalam mangga biak untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan tersebut menjaga rambut tetap lembut dan sehat. Dalam penelitian terhadap hewan, kekurangan vitamin A merupakan penyebab kuat kerontokan rambut.

Satu cangkir mangga memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk memproduksi kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit serta mencegah kerutan.

4. Meredakan sembelit

Sebuah penelitian terhadap orang dengan kondisi sembelit kronik menemukan bahwa konsumsi mangga lebih menolong dibanding mengonsumsi serat dalam jumlah yang sama. Namun, perlu diperhatikan bahwa mangga merupakan makanan yang dapat menyebabkan kondisi kembung pada beberapa orang. Terutama orang dengan irritable bowel syndrome (IBS).

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam mangga dapat meningkatkan penglihatan Anda. Kandungan natural di dalamnya melindungi retina dan lensa mata. Kandungan tersebut juga melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya serta memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula.

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.