Sukses

Proses Persalinan Ternyata Berdampak pada Bentuk Kepala Bayi

Tekanan besar membuat kepala bayi terjepit selama persalinan.

Liputan6.com, Prancis Selama proses persalinan berlangsung, kepala bayi rupanya terjepit. Kondisi tersebut membuat kepala bayi mengalami perubahan bentuk, sehingga kita dapat melihat bentuk kepala bayi bulat atau lonjong.

Ginekolog Olivier Ami dari Auvergne University, Prancis dan tim merilis gambar 3D yang menarik berupa proses kepala bayi terjepit selama persalinan. Perubahan terjadi saat tahap bukaan kedua persalinan, yakni ketika bayi meninggalkan rahim dan didorong masuk ke jalan lahir.

Melalui pemindaian MRI, ada tekanan besar yang dialami tengkorak bayi didorong ke jalan lahir saat proses persalinan. Kepala bayi berubah bentuk saat didorong keluar, baik saat ibu melahirkan normal maupun operasi caesar.

Untuk studi, tujuh tengkorak dan otak bayi dipindai MRI sebelum dan selama tahap bukaan kedua persalinan, sesuai dilansir dari Mail Online, Kamis (13/12/2019). Temuan yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One memperlihatkan, cetakan MRI kepala bayi selama tahap bukaan kedua persalinan pada ketujuh bayi.

Tengkorak bayi mengalami tumpang tindih hingga berbagai tingkat. Setelah lahir, lima dari tengkorak dan bentuk kepala bayi yang baru lahir kembali ke keadaan pra-kelahiran, tetapi perubahan tetap ada pada dua bayi.

Dua dari tiga bayi punya derajat perubahan bentuk kepala janin paling besar dilahirkan melalui persalinan bedah caesar darurat. Pada operasi caesar, bayi ditarik keluar dari rahim melalui sayatan di perut ibu sepanjang sekitar 10-20 cm.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alami Tekanan Besar

Secara keseluruhan, para peneliti mengatakan, bayi mengalami tekanan tengkorak yang lebih besar selama kelahiran daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Adanya tekanan tersebut berpotensi memengaruhi otak. Pendarahan retina terlihat pada banyak bayi baru lahir setelah persalinan normal. Ini terjadi pada 43 persen kelahiran normal.

'Selama persalinan normal, bentuk kepala janin mengalami perubahan bentuk hingga beberapa derajat (yang bervariasi), tergantung pada tingkat tumpang tindih tulang tengkorak," jelas Ami.

"Beberapa tengkorak mengalami perubahan bentuk, sedangkan yang lain tidak mudah berubah bentuk."

Butuh penelitian yang lebih besar untuk mengkonfirmasi temuan ini, MRI 3D setidaknya memberikan gambaran soal perubahan bentuk kepala janin selama persalinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.