Sukses

Bermodal Air Garam, Ini Cara Mudah Bersihkan Pestisida di Sayur dan Buah

Selain dengan mencuci di bawah air yang mengalir, berikut cara membersihkan buah dan sayur dari pestisida.

Liputan6.com, Jakarta Pestisida lazim digunakan untuk mencegah pertumbuhan hama pada sayur dan buah. Namun, bila zat ini masuk ke tubuh tentu tidak baik untuk kesehatan.

Beragam produk kini memang hadir untuk mengurangi kandungan pestisida di sayur dan buah. Namun, ada kok cara lebih mudah untuk mengusir zat tersebut.

Seperti dikutip Food Revolution, cara yang paling mudah adalah dengan selalu membilasnya di bawah air mengalir. Cara ini cukup baik untuk menyingkirkan pestisida yang menempel di sayur dan buah.

Ada juga metode membersihkan yang lebih optimal, yaitu menggunakan baking soda atau air garam.

Cukup taruh air dalam wadah yang cukup besar, masukkan satu sendok makan garam dan aduk. Masukkan sayur yang sebelumnya telah dibilas di air dalam rendaman air tersebut. Lalu bilas kembali.

 

Begitu juga jika menggunakan baking soda. Namun pastikan merendam buah atau sayur selama 10 hingga 15 menit dalam air yang telah dicampur baking soda. Hal ini agar pestisida yang terdapat pada sayur dan buah bisa terangkat dengan maksimal.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.