Sukses

Khawatir Vertigo Kambuh Saat Naik Pesawat? Lakukan Hal Berikut

Cara mencegah vertigo supaya tidak kambuh saat berada di pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang punya riwayat vertigo, ada cara mencegah penyakit itu kambuh saat berada di pesawat. Dokter spesialis saraf Diorita Dyah Prayanti menyampaikan bahwa sebelum naik pesawat, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

"Biasanya pasien yang punya vertigo kambuh, sebelum dan berada di pesawat, ada beberapa obat yang diberikan untuk menghindari gangguan vertigo. Dokter spesialis telinga hidung, dan tenggorokan akan memberikan obat tetes," jelas Rita, sapaan akrabnya dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Selasa (11/6/2019).

Pada dasarnya, lanjut Rita, vertigo merupakan gangguan keseimbangan di telinga. Adanya gangguan di telinga sering disebabkan saluran telinga kena infeksi serta batuk pilek.

"Kondisi tersebut lebih berisiko vertigo kambuh. Apalagi dipicu saat take off maupun landing yang dapat terjadi gangguan telinga," lanjutnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Vertigo

Rita menyarankan, bagi pasien yang punya riwayat sinusitis dan infeksi telinga juga perlu membawa obat untuk mencegah vertigo saat di pesawat. Gangguan telinga saat take off dan landing bisa menimbulkan vertigo.

"Sebelum terbang, pasien yang punya riwayat sinusitis dan infeksi telinga harus bawa obat tetes hidung untuk melegakan mukosa hidung," saran dokter yang berpraktik di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta.

Cara lain yang bisa dilakukan, saat terbang sebisa mungkiun mengunyah untuk menghindari gangguan saluran hidung dan telinga. Lakukan setengah jam atau sebelum landing.

"Bisa juga dengan menguap," ujar Rita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.