2020, Sekolah-Sekolah di London Terapkan Aturan Bebas Gula

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 09 Jun 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi Sekolah dan Anak (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Inggris akan memberlakukan peraturan baru. Sekolah-sekolah di London diwajibkan "bebas gula" pada 2022.

Peraturan tersebut muncul karena setidaknya satu di antara empat anak di seluruh London mengalami masalah gigi hingga mencapai usia 5 tahun.

Beberapa wilayah di London bahkan kondisinya lebih buruk dari wilayah lain. Hal tersebut dilaporkan oleh London Assembly Health Committee pada Rabu (5/6/2019).

"Gula adalah salah satu penyebab terbesarnya," ujar juru bicara Assembly, seperti dikutip dari kantor berita Xinhua.

Salah satu langkah pencegahan utama yakni dengan memberlakukan aturan semua sekolah di London harus "bebas gula" pada 2022. "Bebas gula" yang dimaksud yakni tak ada minuman manis, keripik atau pun cokelat untuk bekal siang, jelas juru bicara.

 

2 of 2

Hanya Berlaku di London

Melansir laman TimesofIndia, Departemen Pendidikan Inggris masih membolehkan sekolah di wilayah lain negara tersebut untuk menyajikan makanan manis saat makan siang, seperti hidangan penutup, cake, serta biskuit.

Namun, banyak sekolah di London yang secara sukarela menerapkan aturan bebas gula. Bahkan beberapa diantaranya juga telah melarang minuman karbonasi dengan atau tambahan gula. Sebagai gantinya, sekolah-sekolah tersebut hanya menyajikan air.

Laporan tersebut meminta adanya sesi menyikat gigi dengan pengawasan di sekolah-sekolah, serta menyarankan agar anak-anak sudah terbiasa memeriksakan gigi ke dokter gigi sejak usia setahun.

Lebih lanjut, Wali Kota London Sadiq Khan disarankan untuk menyusun proyek dengan spesialis kesehatan gigi untuk mengatasi obesitas pada usia anak.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait