Sukses

Terungkap Keuntungan Santap Tomat Setiap Hari

Sebuah studi pada orang Jepang memperlihatkan manfaat makan tomat setiap hari. Salah satunya menurunkan kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Tomat dikenal sebagai salah satu sumber makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral. Selain itu, studi terbaru menyebutkan minum jus tomat murni bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Peneliti baru-baru ini menemukan manfaat minum jus tomat murni tanpa tambahan apapun bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol seperti menguti Daily Mail, Sabtu (8/6/2019).

Fakta ini diketahui setelah peneliti Tokyo Medical and Dental University meneliti asupan tomat 481 orang dalam setahun. Rata-rata mereka mengonsumsi 200 ml jus tomat setiap hari.

"Pada 94 pasen hipertensi yang tidak mendapatkan pengobatan, sekitar 3 persen di antara mereka mengalami penurunan tekanan darah," kata peneliti.

Lalu, sekitar 3,3 persen partisipan dengan kolesterol tinggi mengalami penurunan kolesterol. Seperti kita ketahu, jumah kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Keuntungan konsumsi jus tomat tanpa tambahan apapun ini terlihat sama pada pria maupun wanita. Bahkan dalam kelompok umur berbeda seperti dikutip dalam studi yang diterbitkan jurnal Food Science and Nutrition ini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkat Likopen dalam Tomat

Manfaat tomat bisa menurunkan kolesterol serta tekanan darah diduga karena kandungan likopen. Likopen adalah senyawa kimia yang memberi warna merah ini mencegah penumpukan plak di pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Studi ini juga mengklaim bahwa komponen pada tomat bisa mengurangi penyerapan kolesterol makanan di usus halus. Hal inilah yang membuat jumlah kolesterol yang ada di dalam darah berkurang.

Namun, ahli nutrisi dari British Heart Foundation, Victoria Taylor mengatakan, perlu studi lanjutan untuk mengetahu manfaat tomat.

"Populasi Jepang berbeda dengan di Inggris. Jadi, tidak bisa disamaratakan (efek konsumsi tomat)," kata Victoria.

Ia juga merasa studi ini tidak melihat aspek lain dalam penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah. Seperti aspek makanan lain dan gaya hidup yang bisa memengaruhi penurunan kolesterol dan tekanan darah.

Memang benar, menambah asupan buah dan sayur termasuk tomat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Victoria juga mengingatkan agar tak mengonsumsi jus tomat dan buah lain lebih dari 150 ml per hari karena tinggi kandungan gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.