4 Tips Badan Tak Makin Gemuk Selepas Lebaran Tanpa Olahraga

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 08 Jun 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi bersih-bersih rumah

Liputan6.com, Jakarta Agar badan tak makin gemuk selepas Lebaran tanpa olahraga, ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Aktivitas sederhana ini juga sekaligus menurunkan berat badan.

Melansir laman Daily Star, Sabtu (8/6/2019), aktivitas tanpa olahraga yang membuat badan tetap terkontrol pun mampu menyingkirkan lemak perut.

1. Bersih-bersih rumah

Studi yang dilakukan Good Housekeeping Institute menemukan, orang cenderung membakar 600 kalori setelah dua jam bersih-bersih rumah. Hal ini mencegah badan bertambah gemuk.

Pekerjaan rumah tangga yang intens, seperti membersihkan jendela dan menggosok lantai kamar mandi bisa membuat Anda dalam kondisi fit.

Studi ini menemukan mengelap jendela adalah tugas yang paling melelahkan. Para peserta membakar rata-rata 115 kalori dalam waktu 20 menit.

Menggosok lantai kamar mandi dapat membakar rata-rata 100 kalori. Sementara itu, membersihkan debu di berbagai peralatan dan sudut-sudut rumah selama 40 menit membakar hampir 200 kalori. Tak heran, aktivitas sederhana ini tak membuat badan jadi gemuk.

 

2 of 5

Mandi Air Panas

Pemandian Air Panas Ciwalini
Berendam air panas. (sumber: intagram.com/erisurtiningsih)

2. Mandi air panas

Ternyata berendam di dalam bak mandi air panas bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah studi dari Loughborough University menyelidiki efek mandi air panas terhadap kontrol gula darah.

Peneliti juga melacak berapa banyak kalori yang terbakar ketika para peserta berendam air panas.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok--satu di antaranya berendam santai di pemandian 40 derajat selama satu jam, sedangkan peserta lain bersepeda.

Para peneliti mengukur berapa banyak kalori yang dibakar para pria dan memantau tekanan darah selama 24 jam setelah melakukan setiap percobaan.

Bersepeda membakar lebih banyak kalori, tapi peneliti juga menemukan, mandi selama satu jam membakar kalori setara dengan setengah jam berjalan (yang menghabiskan sekitar 140 kalori)

 

3 of 5

Tidur Telanjang

Masih Ragu Tidur Telanjang? Coba Praktekkan Hal Ini Agar Terbiasa
Beberapa cara ini bisa membantu Anda supaya lebih terbiasa untuk tidur telanjang. Mulai dari menggunakan celana dalam, hingga tanpa busana. (iStockphoto)

3. Tidur telanjang

Jika Anda ingin membakar kalori saat tidur, maka Anda dapat tidur telanjang. Cara ini membakar lebih banyak energi daripada biasanya serta mempercepat metabolisme.

Sebuah studi yang diterbitkan US National Institute, lemak yang dibutuhkan untuk membakar kalori meningkat pada peserta yang tidur telanjang.

Setelah satu bulan tidur telanjang, para partisipan mengalami peningkatan 42 persen dalam volume lemak yang membakar kalori dan 10 persen peningkatan dalam aktivitas metabolisme lemak.

4 of 5

Konsumsi Serat

alpukat
Alpukat kaya serat. Photo by Charles on Unsplash

4. Makan lebih banyak serat

Produk kaya serat, termasuk bubur, alpukat, dan ubi bisa bermanfaat untuk tubuh.

Menurut influencer kebugaran, Maeve Madden, makanan ini membantu mengurangi kembung.

“Makan lebih banyak makanan kaya serat menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan berat badan.

"Serat tidak memiliki sifat pembakaran lemak, tetapi dapat membantu Anda merasa kenyang dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Ini membuat merasa kenyang lebih lama," paparnya.

5 of 5

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓