Sukses

Libur Lebaran Sambil Wisata Kuliner? Ini Tips agar Badan Tak Melar

Menikmati kampung halaman atau berlibur di tempat yang baru pasti tergoda untuk berwisata kuliner. Berikut tips agar badan tak melar.

Liputan6.com, Jakarta Saat pulang ke kampung halaman atau piknik ke sebuah kota saat liburan panjang seperti kali ini kerap jadi ajang wisata kuliner. Mencoba aneka makanan enak di sana rasanya wajib ya.

Namun, tentu tidak ingin dong wisata kuliner membuat badan jadi melar. Berikut tips dari dokter spesialis penyakit dalam Alvin Nursalim dari Klikdokter agar bisa menikmati aneka makanan tanpa takut gendut.

- Buatlah jadwal untuk makan

Hindari makan di luar jam makan Anda dan hindari mengemil yang tidak sehat! Salah satu kiat agar Anda dapat menyalurkan hobi wisata kuliner, tapi tidak gemuk adalah dengan menghindari makan cemilan disela-sela jam makan.

Saksikan juga video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Pilih jenis kudapan yang tepat

 

Jika hendak berwisata kuliner, tetap perhatikan keseimbangan makanan yang Anda santap. Jika Anda sudah mengonsumsi makanan kaya protein hari ini, jangan lupakan buah dan sayuran.

Perhatikan komposisi makanan yang Anda makan. Usahakan setiap kali Anda makan ada unsur karbohidrat (roti gandum, kentang). Hindari karbohidrat sederhana seperti makanan yang mengandung gula tinggi.

Mengapa karbohidrat sederhana tidak baik untuk kesehatan? Karbohidrat sederhana hanya terdiri dari satu (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida). Karena bentuknya yang sederhana, gula jenis ini sangat cepat dicerna. Setelah karbohidrat sederhana ini dimakan, kadar gula akan naik dengan cepat.

- Berolahraga

Setelah seharian berwisata kuliner, jangan lupa berolahraga. Dengan berolahraga, Anda sudah membakar kalori yang masuk dan dapat mempertahankan berat badan Anda. Olahraga teratur juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.