Sukses

Rutin Menggosok Gigi Turunkan Risiko Alzheimer

Menggosok gigi bukan cuma untuk kesehatan gigi dan mulut, juga otak.

Liputan6.com, Jakarta Rutin menggosok gigi ternyata juga berpengaruh pada kesehatan otak. Sebuah studi menemukan bahwa kesehatan mulut memengaruhi otak. 

"Bakteri penyebab gingivitis bisa berpindah dari mulut ke otak," kata Piotr Mydel dari Broegelmanns Research Laboratory di University of Bergen, Norwegia seperti dilansir dari New York Post pada Kamis (6/6/2019).

Bakteri penyebab sakit gusi, Porphyromonas gigivalis, menghasilkan protein yang menghancurkan sel-sel otak. Ini berpotensi menyebabkan Alzheimer.

Dalam studinya terhadap 53 orang pasien Alzheimer, 96 persen dari mereka positif memiliki enzim berbahaya tersebut.

Maka dari itu, Mydel mengatakan bahwa apabila Anda memiliki riwayat keluarga radang gusi atau peridontitis, serta Alzheimer, wajib memastikan gigi dan mulut mereka rutin dibersihkan oleh dokter. Para ilmuwan sendiri sedang menguji obat yang bisa memblokir proses tersebut.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gigi dan Jantung

Beberapa studi lain juga menunjukkan bahwa kebersihan mulut bisa berpengaruh pada masalah kesehatan di organ tubuh lain.

Misalnya, dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa bakteri streptokokus yang tidak berbahaya di mulut, bisa menyebabkan penyakit lain. Salah satunya infeksi pada katup jantung.

Penelitian lain di AHA Hypertension tahun 2018, menyatakan bahwa tekanan darah tinggi juga terkait dengan kebersihan mulut yang buruk.

"Profesional kesehatan gigi harus sadar bahwa kesehatan mulut sangat diperlukan untuk kesehatan fisiologis secara keseluruhan. kata Davide Pietropaoli, peneliti dan profesor kedokteran gigi di University Of L'Aquila, Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.