6 Cara Jaga Saluran Pencernaan Selama Lebaran

Oleh Liputan6.com pada 06 Jun 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi makanan

Liputan6.com, Jakarta Masalah saluran pencernaan kerap melanda kala Lebaran. Mulai dari menyantap makanan terlalalu banyak hingga kurang makan sayur dan buah.

Berikut ada enam tips yang bisa Anda lakukan hari ini agar terhindar dari masalah pencernaan seperti dilansir dari Boldsky.

1. Mulai dengan Sayur dan Buah

Baik dalam bentuk salad atau dalam bentuk lainnya bakal sangat menyehatkan dan membuat kamu kenyang. Mulai konsumsi makanan ini sebelum lainnya agar kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Makanan ini juga dapat meningkatkan metabolisme dan membuat pencernaanmu tetap sehat terjaga.

2. Batasi Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak saat Lebaran ketika tubuh dan sistem pencernaan tidak sempurna bisa menyebabkan masalah. Hal ini bisa membuat kamu sulit buang air dan mengalami masalah dalam mencerna makanan.

 

2 of 3

3. Jangan Banyak Garam

Ilustrasi Garam
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​

 

Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini bisa menimbulkan masalah pada jantung karena selama sebulan tidak mengalami tekanan seperti ini.

4. Konsumsi Makanan Secara Seimbang

Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, dan sayuran yang seimbang untuk membuat tubuh tetap sehat. Kurangi konsumsi lemak dari ikan dan daging untuk membuat pencernaanmu tetap sehat selama lebaran.

 

3 of 3

5. Makan Secukupnya

 

Tidak makan secara berlebihan bisa menyelesaikan sebagian besar dari masalah yang kamu alami terutama dalam hal pencernaan. Jika tidak banyak makanan yang harus kamu cerna, maka semakin sedikit peluangmu mengalami masalah pencernaan.

6. Minum Banyak Air

Mengonsumsi banyak air bakal membuat kamu bisa menjaga kesehatan tubuh. Menjaga asupan air juga bakal membuat kamu merasa lebih segar dan pencernaanmu terjaga.

 

 

Penulis: Rizky Wahyu/Merdeka.com

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓