Sukses

Apakah Air Minum Dalam Kemasan Bisa Kedaluwarsa?

Berikut penjelasan pakar soal kehadiran tanggal best before di botol air minum dalam kemasan.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda membeli air minum dalam kemasan (AMDK) bakal menemukan keterangan best before atau baik dikonsumsi sebelum tanggal tertentu. Apakah ini artinya air bisa kedaluwarsa?

"Kalau air sebetulnya tidak ada kedaluwarsa," kata Hydration Science Director PT. Tirta Investama, dr Tria Rosemiarti.

Kehadiran tanggal best before yang ada di kemasan botol merupakan umur simpan sebuah AMDK. Rata-rata umur simpan AMDK sekitar dua tahun seperti disampaikan Anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Asosiasi Air Minum Dalam Kemasan Indonesia, Tjondro Sulistiorini.

"Setelah menjadi sebuah produk AMDK, perusahaan AMDK tersebut menjamin mutu air minum tersebut selama umur simpan yang tertera, yakni 'baik sebelum' yang tertera di botol," kata wanita yang akrab disapa Lis dalam acara bersama Danone Aqua beberapa waktu lalu di Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AMDK Dibuka, Segera Minum

Bila botol air minum dalam kemasan tersebut dibuka, berarti ada kemungkinan sudah terkontaminasi. Jadi, alangkah baiknya tidak perlu meminum lagi AMDK yang sudah Anda buka seminggu yang lalu.

"Kalau sudah dibuka, pasti itu ada banyak bakteri atau kontaminasi lain, sebaiknya untuk tidak mengonsumsinya lagi," kata Tria.

 

Saksikan juga video berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.