Sukses

Lebaran, Saat Tepat Latih Anak Berinteraksi dengan Orang Lain

Mengajarkan karakter positif pada anak bisa dilakukan saat Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran bisa menjadi momen yang tepat membentuk karakter positif pada anak. Salah satunya mengajarkan anak soal sopan santun saat bersilahturahmi dengan tetangga dan saudara.

"Lebaran merupakan momentum yang dinantikan oleh usia anak, karena bagi mereka lebaran memiliki kekhasan dan kebahagiaan tersendiri," kata Direktur Pendidikan Sekolah Karakter Genius Islamic School, Eva Nawiyah.

Mengenai belajar sopan santun bisa dengan memberitahu kepada anak bahwa setiap bertemu saudara selalu ucapkan salam. Bisa dengan mengucapkan assalamualaikum atau mencium tangan pada yang lebih tua.

"Pastikan anak berperilaku sopan dan bertutur kata santun saat menerima tamu, bertamu dan saat berinteraksi dengan orang lain," kata Eva dalam rilis.

Kemudian, ajak anak dengan mengunjungi semua tetangga dan keluarga tanpa membedakan kelas sosial dan status ekonominya. Ceritakan bagaimana pertalian darah orangtua dengan kerabat.

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Bawa Gawai

Walau hari libur, batasi penggunaan gawai pada anak. Jangan sampai saat momen silahturahim dengan banyak saudara anak malah sibuk dengan gim yang ada di gawainya.

"Hindari anak membawa ataupun bermain gadget saat bertamu atau menerima tamu," kata dia.

Lebih baik bawa mainan lain yang bisa dimainkan bersama. Terutama jika anak bertemu dengan saudara atau kerabat yang seusianya.

 

Penulis: Muhammad Ilman Nafi'an / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.