Sukses

Wajib Tahu, 8 Penyebab Penis Terasa Sakit (2)

Berikut ini empat penyebab lain dari penis yang terasa sakit secara tiba-tiba. Cek jika Anda mengalami beberapa rasa sakit semacam ini

Liputan6.com, Jakarta Penis merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi pria. Khususnya, bagi kesuburan seseorang.

Namun, ada orang-orang yang mengalami masalah pada alat kelaminnya. Misalnya rasa sakit yang bikin seseorang merasa was-was.

Dilansir dari Men's Health pada Rabu (5/6/2019), setidaknya ada 8 penyebab penis terasa sakit. Dalam artikel sebelumnya, Anda sudah mengetahui beberapa penyebabnya, berikut ini empat hal lain yang menyebabkan alat kelamin terasa sakit bagian dua. 

5. Bagian Atas Skrotum Terasa Sakit

Rasa sakit bisa muncul di bagian atas skrotum dekat pangkal penis. Beberapa kondisi yang memburuk disertai dengan bengkak atau kemerahan.

Tobias Köhler, M.D., urologi di Memorial Medical Center in Springfield, Illinois, Amerika Serikat mengungkapkan penyebabnya mungkin saja indeksi epididimis. Organ kecil ini terletak di antara penis dan testis yang menyimpan sperma, ketika mereka belajar berenang.

Sementara, pada pria di bawah 35 tahun, biasa infeksi ini disebabkan oleh infeksi menular seksual. Di usia yang lebih tua, masalah ini bisa terjadi karena bakteri.

Untuk mengatasi ini, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Simak juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6. Seperti Terbakar saat Buang Air Kecil

Perasaan terbakar mungkin dialami ketika buang air kecil. Joseph A. Smith, Ketua Departemen Bedah Urologi di Vanderbilt University, Amerika Serikat mengatakan, kasus terburuk adalah kanker kandung kemih.

Penyebab paling umum adalah infeksi saluran kemih. Ini terjadi ketika bakteri menemukan jalan ke dalam uretra. Kemungkinan lain adalah Anda menderita penyakit menular seksual seperti gonorea.

Untuk mengatasi penyakit semacam ini, Anda harus segera pergi ke dokter.

 

3 dari 4 halaman

7. Lekukan Penis Terasa Sakit

Beberapa pria memiliki penis dengan bentuk yang sedikit bengkok. Meski begitu, masalah bisa terjadi ketika lengkungan tersebut terjadi secara ekstrem atau penyakit Peyronie.

Penyakit tersebut disebabkan oleh bekas luka fibrotik atau plak, yang terbentuk dalam penis dan menyebabkan lengkungan berlebihan. Namun tidak ada yang tahu pasti penyebab aslinya.

Anda harus pergi ke dokter untuk melihat apakah penis Anda bengkok karena penyakit atau memang bentuk aslinya.

Selain itu, rasa sakit dari penyakit Peyronie biasanya ringan. Menurut urolog Ryan Berglund, biasanya kondisi tersebut hnay menghambat hubungan seksual satu atau dua persen dari pria.

Namun, jika kelengkungannya lebih parah, aktivitas seks pria jelas terganggu. Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu, suntikan, atau operasi.

 

4 dari 4 halaman

8. Kulup Terasa Sakit

Apabila kulit khatan tiba-tiba terasa mengencang, bengkak, dan sakit, kondisi tersebut bisa jadi dikarenakan paraphimosis. Ini terjadi ketika kulit tidak bisa lagi ditarik ke posisi normal di ujung penis.

Paraphimosis juga bisa memperlambat aliran darah ke ujung penis. Pada waktunya, ini akan menyebabkan kematian jaringan atau gangguan fungsi penis.

Jika mengalami masalah ini, segeralah ke ruang gawat darurat. The Scientific World Journal menyatakan, dokter biasanya akan membuat sayatan kecil atau melakukan sunat darurat dalam kasus yang ekstrem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.