Sukses

Hindari Minuman Bersoda Saat Lebaran agar Badan Tidak Tambah Lebar

Salah satu minuman yang sebaiknya dihindari saat Lebaran adalah minuman bersoda. Apa sebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Suasana Lebaran seringkali membuat seseorang lupa apa yang dia santap. Agar badan tidak 'melebar' usai Lebaran, Anda harus bijak dalam mengonsumsi hidangan di Idulfitri.

Salah satu yang harus diwaspadai saat perayaan Lebaran adalah konsumsi minuman manis. Contohnya adalah minuman bersoda.

Menurut dokter spesialis gizi klinik Juwalita Surapsari satu kaleng soda 250 mililiter, setidaknya mengandung kalori sebesar 180 hingga 200.

"Minum soda 200 kalori, makan rendang sepotong bisa 250 kalori. Rugi jadinya," kata Juwalita dalam temu media beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (5/6/2019).

Agar tubuh tidak 'melebar', sebaiknya hindari minuman yang mengandung banyak kalori saat hari raya. Hal ini juga agar tubuh masih memiliki ruang kosong untuk diisi hidangan lainnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola Makan Tetap Sehat

Juwalita mengatakan, asupan protein hewani saat perayaan Lebaran seringkali berlebihan. Karena itu, Anda tidak harus mengonsumsi semua santapan di satu hari.

"Lebaran kan dua hari, makan protein-nya jangan sekaligus. Bisa dibagi-bagi," ujar dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Jakarta itu.

Pilihlah apa yang paling Anda butuhkan atau sisakan untuk waktu lainnya. "Tipsnya adalah kita tetap kembali ke healthy plate," Juwalita mengimbuhkan.

Salah satu panduan piring sehat yang bisa Anda coba pedoman 'Isi Piringku' dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.