Bukan 10 Ribu, Ini Jumlah Langkah Terbaik Jalan Kaki

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 05 Jun 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 05 Jun 2019, 16:00 WIB
Jalan Kaki
Perbesar
Jalan Kaki (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, jumlah yang dianggap paling baik untuk berjalan kaki adalah 10 ribu langkah per hari. Namun, sebuah penelitian terbaru menemukan angka yang berbeda.

Studi terbaru dari Harvard Medical School Amerika Serikat menyatakan bahwa hanya setengah dari mereka yang melakukan jalan kaki 10 ribu langkah memiliki penurunan risiko kematian dini pada wanita di usia tua.

Melansir New York Post pada Rabu (5/6/2019), rupanya jumlah langkah terbaik ditemukan berada di 7.500 langkah.

"Orang-orang tergantung pada jumlah 10 ribu. Mereka dengan rajin berusaha mendapatkan jumlah itu karena merupakan kepercayaan yang konvensional, tetapi menyenangkan untuk mempertanyakan hal tersebut," kata salah satu penulis I-Min Lee, ahli epidemiologi dari Boston Brigham and Women's Hospital.

2 dari 4 halaman

Jumlah Langkah Terbaik

gaya hidup sehat (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi jalan kaki dan gaya hidup sehat (iStockphoto)

Penelitian ini diikuti 16.741 wanita berusia 62 hingga 101 selama empat tahun. Mereka dianalisis dengan sebuah pengukur jumlah langkah dan kecepatan selama beraktivitas sehari-hari selama dalam tujuh hari, kecuali tidur atau saat berkontak dengan air.

Para peneliti juga melihat mengenai gaya hidup, diet, dan sejarah medis peserta. 504 wanita meninggal dalam periode penelitian itu.

Peserta yang melakukan jalan kaki hingga 4.400 langkah sehari memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada mereka yang hanya melakukan setengahnya.

Risiko kematian semakin berkurang di saat peserta mencapai langkah 7.500 langkah. Namun, tidak ada manfaat lebih yang ditemukan saat seseorang mencapai 10 ribu langkah.

"Orang yang ingin melakukan lebih banyak lebih baik, tetapi manfaatnya turun di 7.500," kata Lee.

3 dari 4 halaman

Manfaat dari 10 Ribu Langkah

Lansia jalan kaki
Perbesar
Lansia jalan kaki (iStockphoto)

Lee menambahkan, jumlah 10 ribu langkah berasal dari sebuah pemasaran di Jepang pada 1960-an yang menjajakan pedometer atau penghitung langkah di awal kemunculannya.

Meskipun membutuhkan penelitian lebih lanjut, studi ini tidak begitu saja mengesampingkan manfaat berjalan dari 10 ribu langkah. Lee mengatakan, ketahanan dan kekuatan Anda bisa bertambah dengan cara ini.

"Jika Anda melakukan 10 ribu langkah, akan lebih kekuatan dalam diri Anda," katanya.

Studi ini diterbitkan di Journal of American Medical Association Internal Medicine.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓