Sukses

Cara Terbaik Mengolah Telur

Pakar mengungkapkan memasak telur dengan cara omelet, bisa dilakukan bila ingin mendapatkan manfaat sehat.

Liputan6.com, Jakarta Telur dikenal sebagai salah satu sumber pangan yang kaya protein dan vitamin. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaatnya sebaiknya diolah dengan cara apa ya?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memasak telur, bukan mengonsumsi secara mentah. Dengan memasak telur menurunkan risiko keracunan makanan.

"Memasak telur baik dapat membuat protein di dalamnya lebih mudah dicerna dan meningkatkan bioavailability dari biotin," kata ahli nutrisi Ryan Maciel seperti dilansir Time, Selasa (4/6/2019).

Untuk mendapatkan manfaat dari telur, pastikan Anda memaknnya utuh. Ada kuning dan putih telur.

"Anda dapat memakan telur Anda sesuai dengan kemauan Anda. Scrambled, hard-boiled, soft-boiled, omelet atau poached. Selama Anda memakannya secara utuh, Anda akan mendapatkan seluruh nutrisi yang ada di dalam telur," kata kata ahli nutrisi Brigitte Zeitlin.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Omelet, Bisa Jadi Cara Terbaik

Memang ada cara lain untuk membuat konsumsi telur lebih bernutrisi. Misal dengan mengonsumsinya bersamaan dengan sayuran.

"Omelet adalah cara tepat untuk memasukan sayuran ke dalam diet Anda serta mendapatkan protein yang baik," kata Maciel.

Zeitlin juga menyarankan untuk mengkombinasi telur dengan sumber serat yang baik seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

"Kombinasi dari protein dan serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Misal jika saya memilih telur rebus sebagai cemilan maka saya akan memasukkan clementine atau anggur sebagai sumber serat," kata lanjut Zeitlin.

 

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.