Sukses

Strawberry Panna Cotta, Sajian Segar yang Pas di Idul Fitri

Strawberry panna cotta bisa jadi sajian segar di Idul Fitri untuk keluarga dan kerabat.

Liputan6.com, Jakarta Strawberry Panna Cotta bisa menjadi salah satu sajian segar di Idul Fitri. Anda bisa menyajikan ini untuk keluarga, kerabat atau tetangga saat silahturahmi ke rumah.

Berbahan buah segar stroberi serta susu segar menu kreasi Murti Yani dapat Anda coba untuk tamu saat merayakan Idul Fitri. Berikut resepnya seperti mengutip rilis Greenfields yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Selasa  (4/6/2019).

Bahan:

  1. Susu segar 
  2. Gula pasir
  3. Ekstrak vanili
  4. Gelatin halal, campur dengan setengah cup susu, biarkan hingga menggumpal.
  5. Stroberi diblender dengan setengah cup susu.
  6. Pewarna makanan merah muda (boleh dipakai, boleh juga tidak).
  7. Whipping cream

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat

Cara membuat:

1. Masukan susu, jus stroberi, gula, dan pewarna merah muda ke dalam panci, aduk rata.

2. Nyalakan api kecil, rebus sambil diaduk aduk hingga berbuih kecil dipinggiran panci, masukan 1 sendok sayur susu ke dalam gelatin, aduk rata lalu tuang kembali ke dalam panci.

3. Masukan vanili, aduk rata. Matikan api.

4. Tuang ke dalam gelas saji. Dinginkan di dalam lemari es. Jika sudah dingin, beri topping whipping cream dan hias sesuai selera.

3 dari 3 halaman

Tekstur yang Lembut

Panna cotta adalah makanan penutup yang paling sederhana berupa puding yang dibuat dengan lembut. Pada dasarnya, panna cotta dibuat dengan krim, gula, dan gelatin. Sajian ini berasal dari Italia Utara.

Saat ini, panna cotta hampir selalu dibuat dengan gelatin. Gealtin membuat panna cotta terasa lembut dengan tekstur meleleh di mulut. Tetapi Anda bisa menciptakan spektrum rasa tergantung jenis susu yang digunakan.

Anda dapat membuat puding yang sangat ringan dan lembut menggunakan susu dan pure buah atau puding kental yang kaya menggunakan krim.

Penuls masakan Italia, Domenica Marchetti menyampaikan, untuk membuat hidangan panna cotta pun sulit.

“Panna cotta, bagiku,” kata Domenica, dikutip dari The Kitchn, "adalah makanan penutup sendok Italia paling asli. Bagian tersulit membuat panna cotta adalah mencapai konsistensi dan tekstur yang tepat — harus lembut dengan goyangan tangan yang lembut.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.