Lakukan Hal Sederhana Ini Saat Mudik agar Tak Sakit

Oleh Benedikta Desideria pada 04 Jun 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 04 Jun 2019, 22:16 WIB
Abaikan Keselamatan, Pemudik Sepeda Motor Bawa Barang Lebihi Kapasitas

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memilih mudik dekat dengan hari Lebaran, jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Pastikan Anda mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis sebelum berangkat. Saat dalam perjalanan, pastikan menjalankan hidup bersih dan sehat.

Disampaikan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono bahwa ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit saat perjalanan mudik. Diantaranya menjaga kebersihan, menggunakan masker atau sapu tangan ketika batuk/flu, cuci tangan pakai sabun sebelum makan, dan pastikan juga bekal atau makanan yang dibawa benar-benar bersih dan sehat.

“Pemudik harus melakukan hal tersebut, terutama melakukan pemeriksaan bagi yang memiliki faktor resiko penyakit agar tidak menular atau terjadi hal yang tidak diinginkan saat mudik,” kata Anung saat memantau pemudik di area Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 2 Juni 2019.

 

Ilustrasi mudik
Ilustrasi mudik. (Foto: shutterstock.com)

Pemantauan yang Anung lakukan bersama tim yang pertama ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pada saat itu kapal motor Dabonsolo baru saja berlabuh ke dermaga, membawa lebih dari 3 ribu pemudik gratis dari Jakarta bersama sepeda motor masing-masing. Anung sempat berbincang dengan beberapa pemudik sambil membagikan masker. Pada kesempatan tersebut ia juga menyerahkan logistik secara simbolis kepada stakeholder di Pelabuhan Tanjung Emas.

Peninjauan dilanjutkan ke Posko Terpadu Angkutan Udara Tahun 2019 Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Menutup rangkaian pemantauan Anung meninjau kondisi para pemudik di Stasiun Tawang, Semarang serta berkunjung ke pos kesehatan yang dikelola oleh PT. KAI.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓