Bekal Makanan yang Praktis buat Balita Saat Perjalanan Mudik

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 04 Jun 2019, 06:00 WIB
Potret Ekspresi Anak Pemudik di Pelabuhan Merak

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda membawa balita untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran, perhatikan bekal makanan yang praktis buat si kecil. Hal ini khususnya ditujukan pada balita usia 6-12 bulan yang diajak mudik orangtua.

Menurut dokter spesialis anak Cut Nurul Hafifa, bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama bersama balita perlu dipertimbangkan untuk membawa makanan praktis.

"Anda bisa membawa makanan pendamping ASI (MPASI) yang mudah diolah selama perjalanan. Perhatikan pula kebersihan makanan dan lokasi bersantap karena kekebalan tubuh si kecil belum sempurna. Ini mencegah dia terkena infeksi (penyakit)," ucap Nurul kepada Health Liputan6.com dalam keterangan rilis, ditulis Senin (3/6/2019).

Agar balita nyaman selama di perjalanan, orangtua bisa membangun suasanamenyenangkan supaya hati balita pun tetap terjaga baik. Misal, ajak si kecil bercanda sehingga tidak terlalu membuatnya rewel.

Mudik
Dokter spesialis anak Cut Nurul Hafifa memberikan tips mudik nyaman untuk balita. (Dok RS Pondok Indah – Pondok Indah)
2 of 3

Orangtua tetap tenang

Potret Ekspresi Anak Pemudik di Pelabuhan Merak
Pemudik menggendong anak sambil menanti waktu masuk kapal penyebrangan di Dermaga 1 Pelabuhan Penyebrangan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019). Meski berbahaya, pemudik tetap nekat membawa anak berkendara sepeda motor menuju kampong halaman. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mudik bersama bayi dan balita harus dirancang dengan matang dari jauh hari sebelumnya. Suasana hati kedua orangtua juga sangat menentukansuasana hati si kecil.

"Agar si kecil tak mudah rewel, orangtua harus tetap tenang dan tidak cepat panik ketika terjadi sesuatu di luar perkiraan. Karena membawa bayi dan balita saat mudik bisa terasa menyenangkan sekaligus melelahkan," Nurul menambahkan.

Pertimbangkan terlebih dahulu jenis transportasi apa yang hendak dipilih. Idealnya, Anda memilih jenis transportasi dengan waktu tempuh yang palingminimal sehingga membuat si kecil lebih nyaman.

"Pertimbangkan juga apakah moda transportasi yang Anda pilih dapat mengakomodasi peralatan penunjang untuk si kecil seperti stroller," lanjut Nurul, yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah.

3 of 3

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓