Sukses

ISPA dan 5 Penyakit yang Banyak Dialami Pemudik Tahun Ini

Berdasarkan laporan penyakit yang diterima oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, diketahui ada 6 penyakit, termasuk Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang menjadi penyakit yang banyak diderita pemudik tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan laporan penyakit yang diterima oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, diketahui ada 6 penyakit, termasuk Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang menjadi penyakit yang banyak diderita pemudik tahun ini. Data tersebut didapat dari laporan 923 pos kesehatan mudik yang tersebar di 34 provinsi. 

Hasil akumulasi dari laporan yang dilakukan oleh Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes pada Minggu (2/6) menunjukkan jumlah ISPA menyerang 456 pemudik. Sementara lima penyakit lainnya seperti diare dialami oleh 82 orang, gangguan pencernaan 275 orang, hipertensi 287 orang, kardiovaskular 51 orang, serta keracunan 3 orang.  

Jumlah penderita penyakit tersebut didasarkan pada kunjungan pemudik ke pos kesehatan. Pemudik langsung diberikan penanganan medis dan obat-obatan sesuai SOP.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Menkes Nila

Menanggapi kondisi tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengimbau agar masyarakat tak memaksakan diri untuk cepat sampai ke kampung halaman. Nila berpesan, kondisi kesehatan fisik dan psikis harus tetap dijaga agar mudik selamat sampai tujuan. 

“Manfaatkan pos kesehatan di rest area dan di tempat lain di jalur mudik. Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum menlanjutkan perjalanan,” kata Nila, Minggu (2/6), mengutip rilis yang diterima Liputan6.com.

Sementara berdasarkan data Korlantas Polri hingga Minggu (2/6) tercatat ada 45 korban meninggal, 27 luka berat/rawat inap, serta 207 luka ringan/rawat jalan akibat kecelakan dalam perjalanan mudik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Infeksi saluran pernapasan akut merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau lebih bagian saluran pernapasan.

    ISPA

  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.

    Mudik